Kemnaker Dorong Lulusan dari Luar Negeri Berkontribusi di Tanah Air

Tak sedikit lulusan luar negeri memilih berkarier di LN

Jakarta, IDN Times -- Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap seluruh pelajar dan mahasiswa seusai menyelesaikan studi di luar negeri dapat pulang ke Tanah Air untuk membangun bangsa sesuai kompetensinya masing-masing. Ia merasa tak nyaman mendengar ada penerima beasiswa negara yang justru enggan pulang ke Tanah Air.

"Bahkan, akhir-akhir ini banyak mahasiswa Indonesia yang pindah kewarganegaraan demi hidup dan bekerja di luar negeri," ujar Ida Fauziyah saat menjadi keynote speaker webinar 'Kembali ke Tanah Air Pasca Studi' yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia di Jakarta, Minggu (16/7/2023).

1. Melalui program ini, Kemnaker mengoptimalkan SDM generasi muda menjadi generasi unggul dan kompetitif

Kemnaker Dorong Lulusan dari Luar Negeri Berkontribusi di Tanah AirMenaker Ida Fauziyah. (Dok. Kemnaker)

Menurut Ida Fauziyah, salah satu yang dapat dimanfaatkan para mahasiswa PPI dunia yang akan pulang ke Indonesia adalah program pengembangan talenta muda di Kemnaker.

Melalui program ini, Kemnaker mengoptimalkan SDM generasi milenial dan generasi Z menjadi generasi unggul dan kompetitif dengan menggelar Talent Scouting, Talent Fast, Talent Corner, dan Talent Class.

"Platform ekosistem digital Layanan Ketenagakerjaan yang dapat diakses PPI dunia, seperti Skillhub untuk peningkatan kompetensi, Sertihub untuk sertifikasi, Karirhub untuk lowongan pekerjaan, hingga Bizhub untuk menjadi wirausahawan dengan koneksi ke pelatihan, mentoring, jaringan usaha, dan pembiayaan," katanya.

Baca Juga: Lewat Training of Trainer, Kemnaker Dorong Wujudkan Upah Berkeadilan

2. Semua ini dilakukan agar talenta terbaik bangsa yang ada di luar negeri mau kembali untuk ikut membangun negeri

Kemnaker Dorong Lulusan dari Luar Negeri Berkontribusi di Tanah AirMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap seluruh pelajar dan mahasiswa usai menyelesaikan studi di luar negeri, dapat pulang ke tanah air untuk membangun bangsa sesuai kompetensinya masing-masing. (Dok. Kemnaker)

Ida Fauziyah menambahkan, kesempatan dan peluang kerja bagi PPI dunia juga akan semakin luas seiring perbaikan regulasi dan fokus pemerintah untuk perluasan  kesempatan kerja di semua bidang. Terlebih, saat ini, banyak lowongan khusus di BUMN maupun PNS bagi diaspora dan pelajar serta mahasiswa yang menuntut ilmu di luar negeri. 

"Semua ini dilakukan pemerintah agar talenta terbaik bangsa yang ada di luar negeri mau kembali untuk ikut membangun negeri, " katanya.

3. Bersama-sama membangun bangsa Indonesia menjadi lebih maju

Kemnaker Dorong Lulusan dari Luar Negeri Berkontribusi di Tanah AirMenaker Ida Fauziyah. (Dok. Kemnaker)

Pemerintah, Ida Fauziyah melanjutkan, tak mampu menghalangi seseorang untuk menentukan pilihan hidupnya, berkarya dan tinggal. Namun, akan lebih baik jika bersama-sama membangun bangsa Indonesia menjadi lebih maju. 

"Pemerintah juga terus memperbaiki sistem kesejahteraan di semua bidang, termasuk di bidang ketenagakerjaan dan pendidikan," ujarnya. (WEB) 

Baca Juga: Semarakkan PORNAS XVI KORPRI, Kemnaker Kirimkan 65 Pegawai

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya