Comscore Tracker

MAFINDO dan KOMINFO Gelar Kelas Kebal Hoaks di Yogyakarta

Gandeng Bawaslu kota

Yogyakarta, IDN Times – Bawaslu kota Yogyakarta bersama sejumlah komunitas besutannya mengikuti Kelas  Kebal Hoaks yang diadakan MAFINDO berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan  Informatika bersama Siberkreasi dalam gerakan Makin Cakap Digital. 

Bertempat di Hotel Gaia  Cosmo Yogyakarta kelas interaktif ini berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB pada  Minggu 26/6. Diikuti 40 peserta masing masing dari perwakilan BAWASLU, Pemuda Ampuh, Karang  Taruna, dan MAFINDO muda Yogyakarta.

1. Bangun demokrasi agar lebih beradab

MAFINDO dan KOMINFO Gelar Kelas Kebal Hoaks di YogyakartaDok. Kemenkominfo

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh perwakilan Bawaslu Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryo  Samudro.  

Dalam sambutannya Harsa Aryo mengungkapkan semoga langkah awal ini kita bisa berkolaborasi  dengan MAFINDO untuk menjadi relawan cakap digital dan menjadi utusan di Kota Yogyakarta untuk  membangun demokrasi di Kota Yogyakarta lebih beradab, lebih berkualitas, dan tentunya tidak lepas  dari keterampilan digital. 

2. Bangun daya berpikir kritis masyarakat

MAFINDO dan KOMINFO Gelar Kelas Kebal Hoaks di YogyakartaDok. Kemenkominfo

Kelas Kebal Hoaks diadakan untuk membangun daya berpikir kritis di masyarakat. Selain itu dalam  pelaksanaannya kelas ini bersifat aktif dengan mengajak para peserta praktik secara langsung  bagaimana cara mengklarifikasi informasi yang belum tentu kebenarannya. Peserta dibagi menjadi 5  kelompok dan masing masing kelompok mendapatkan beberapa soal berbeda. 

Materi dibagi menjadi 2 bagian, bagian awal tentang pengenalan MAFINDO dan Cekfakta  disampaikan oleh Fitria Indri Kesumawati, beliau adalah Koordinator MAFINDO Wilayah Yogyakarta.  Materi kedua terkait verifikasi konten tiruan, foto dan video disampaikan oleh pemeriksa fakta  senior MAFINDO, Syarief Ramaputra. 

3. Peserta sangat antusias

MAFINDO dan KOMINFO Gelar Kelas Kebal Hoaks di YogyakartaDok. Kemenkominfo

Setelah penyampaian materi, peserta didampingi oleh  pendamping kelompok berdiskusi menjawab soal. Semua peserta sangat antusias mengerjakan,  hingga semua soal yang diberikan berhasil dijawab oleh masing-masing kelompok. 

Pada saat penyampaian hasil pekerjaan kelompok keseruan semakin terlihat, para perwakilan  menjelaskan cara pengerjaan soal secara detail. Sesuai dengan tujuan kelas, peserta dapat  mengklarifikasi informasi yang belum tentu kebenarannya melalui berbagai cara. Acara diakhir  dengan foto bersama pada pukul 17.00 WIB. (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya