Mas Dhito Sediakan Layanan Gratis bagi Warga di Pameran Pembangunan

Rangkaian event Gempita Kemerdekaan

Kediri, IDN Times – Pameran pembangunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Kediri dalam rangkaian event Gempita Kemerdekaan di kawasan Simpang Lima Gumul memberikan ruang bagi masyarakat untuk mengakses layanan secara gratis. 

Sebagaimana dalam stand Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) yang memberikan layanan vaksinasi gratis untuk hewan kucing. Layanan itu pun dimanfaatkan masyarakat terutama dari komunitas pecinta kucing.

Bahkan, dari dua vaksin yang disediakan baik tricat maupun rabies, vaksin tricat dari kuota yang disediakan di hari kedua pameran sejak dibuka pada Senin (22/8) langsung habis. 

1. Vaksin untuk antibodi hewan peliharaan

Mas Dhito Sediakan Layanan Gratis bagi Warga di Pameran PembangunanDok. Pemkab Kediri

Vaksin tricat sendiri berfungsi sebagai antibodi agar hewan peliharaan itu terhindar dari penyakit atau virus feline panleucopenia, feline rhinotracheitis, dan feline calicivirus. 

Tedi, salah satu pecinta kucing mengakui, adanya vaksinasi gratis bagi kucing itu jelas diminati. Terlebih, kata dia, saat ini makin banyak masyarakat yang hobi memelihara kucing dan peduli dengan kesehatan hewan peliharaannya.

"Jelas layanan vaksin untuk kucing ini sangat diminati, karena kalau di luar (praktek dokter) kita mau vaksin bisa bayar Rp100- Rp180 ribu," katanya Jumat (26/8).

2. Buka layanan rapid tes

Mas Dhito Sediakan Layanan Gratis bagi Warga di Pameran PembangunanDok. Pemkab Kediri

Selain itu, DKPP juga membuka layanan rapid tes untuk pangan segar. Rapid tes itu untuk mengetahui kandungan residu dari penggunaan pestisida saat penyemprotan. 

Kemudian, bagi warga yang akan melakukan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) seperti pengurusan KTP bisa datang di stand Dinas Dukcapil. 

Sedang, untuk petani yang ingin melakukan pengecekan kesuburan tanah bisa juga datang di stand Dinas Pertanian dan Perkebunan dengan membawa sampel tanah.

Bagi pelaku usaha seperti UMKM yang akan melakukan pengurusan perijinan pun bisa memanfaatkan layanan yang ada di stand Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kediri. 

Kepala DPMPTSP Kabupaten Kediri Eko Sujatmiko menyampaikan, dalam stand itu pihaknya siap melakukan pendampingan bagi masyarakat untuk pengurusan perizinan yang saat ini bisa diakses melalui aplikasi Online Single Submission (OSS). 

Dalam hal ini, pelaku UMKM yang masih kesulitan mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) bisa langsung dibantu dan diterbitkan saat itu juga. Selain itu, pihaknya juga membuka layanan konsultasi dan informasi terkait investasi.

"Sudah banyak pelaku UMKM yang datang melakukan pengurusan NIB, bagi pelaku usaha apa saja yang ingin mengurus izin usaha monggo datang ke stand," terangnya.

3. Bisa cek kesehatan gratis

Mas Dhito Sediakan Layanan Gratis bagi Warga di Pameran PembangunanDok. Pemkab Kediri

Kemudian, bagi masyarakat yang akan melakukan konsultasi maupun cek kesehatan gratis, dapat memanfaatkan di stand milik RSUD. Selain layanan di atas, masih banyak lagi layanan dari Pemerintah Kabupaten Kediri yang bisa diakses masyarakat di pameran pembangunan.

Hal itu sesuai dengan instruksi Bupati Hanindhito Himawan Pramana saat membuka membuka pameran pembangunan. Mas Dhito panggilan akrabnya mewajibkan tiap stand Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di pameran pembangunan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Selaku pimpinan saya menghimbau kepada segenap dinas-dinas saya untuk tidak sekedar seremonial. Jadi disaat membuat stand pertama yang harus disadari adalah apa manfaatnya masyarakat datang ke tempat tersebut," kata Mas Dhito saat pembukaan pameran. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya