Hadiri Pembukaan 13th WSA, Menaker Pasang Target Juara Umum

Pada gelaran sebelumnya, Indonesia menyabet juara umum

Jakarta, IDN Times -- Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menghadiri pembukaan 13th WorldSkills ASEAN (WSA) atau kompetisi keterampilan antarnegara-negara anggota ASEAN di Singapura pada Sabtu (22/7/2023). Penyelenggaraan 13th WSA dilaksanakan pada 23 sampai 27 Juli 2023.

"Hari ini saya menghadiri pembukaan 13th Worldskill ASEAN (WSA) Tahun 2023. Kehadiran ini tentunya untuk memberikan semangat kepada putra-putri terbaik bangsa yang ikut berlaga pada ajang dua tahunan ini," kata Menaker Ida Fauziyah.

1. Indonesia mengusung target menjadi juara umum pada pelaksanaan WSA tahun ini

Hadiri Pembukaan 13th WSA, Menaker Pasang Target Juara UmumMenteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menghadiri pembukaan 13th WorldSkills ASEAN (WSA) atau kompetisi keterampilan antar negara-negara Anggota ASEAN di Singapura pada Sabtu (22/7/2023). (Dok. Kemnaker)

Menaker mengatakan, Indonesia mengusung target menjadi juara umum pada pelaksanaan WSA tahun ini. Pada gelaran the 9th WorldSkills ASEAN di Jakarta 2012 lalu, Indonesia meraih juara umum.

"Kami optimis Indonesia kembali meraih juara umum seperti yang diraih pada the 9th WorldSkills ASEAN di Jakarta 2012 yang lalu," ujarnya.

Baca Juga: Persiapkan Masyarakat Bekerja di DPSP, Kemnaker Buka Program Pelatihan

2. Pada 13th WSA, Indonesia mengambil bagian dalam 18 kejuruan dari 22 kejuruan yang akan dikompetisikan

Hadiri Pembukaan 13th WSA, Menaker Pasang Target Juara UmumMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (dok. Kemnaker)

Menaker mengemukakan, pada 13th WSA terdapat 22 kejuruan keterampilan yang dikompetisikan dan Indonesia mengambil bagian dalam 18 kejuruan yang akan dikompetisikan dengan masing-masing peserta sebanyak 2 orang.

Sebanyak 18 kejuruan tersebut, yaitu Mechatronics, Electronics, Mobile Robotics, Refrigeration and Air Conditioning, Industrial Automation, Automobile Technology, Fashion Technology, Restaurant Service, Beauty Therapy, Hairdressing, dan Mechanical Engineering CAD.

3. Masing-masing peserta dari satu kejuruan diwakili 2 orang

Hadiri Pembukaan 13th WSA, Menaker Pasang Target Juara UmumMenteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menghadiri pembukaan 13th WorldSkills ASEAN (WSA) atau kompetisi keterampilan antar negara-negara Anggota ASEAN di Singapura pada Sabtu (22/7/2023). (Dok. Kemnaker)

Adapun, kejuruan lainnya yang diikuti Indonesia, yaitu IT Software Solution for Business, Web Technologies, IT Network System Administration, Graphic Design Technology, CNC Maintenance, Internet Of Things, dan Rapid Transit System (eksbisi). (WEB)

Baca Juga: Tangani Masalah Petani-Buruh Teh Jateng, Kemnaker Lakukan Langkah Ini

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya