OJK Dukung Pemda Tingkatkan Transaksi Sektor Ritel dan UMKM

Guna percepat pemulihan ekonomi

Solo, IDN Times -- OJK mendukung upaya pemerintah daerah dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dalam mengakselerasi percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021 yang pembukaannya dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/10).

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso beserta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Ketua KADIN Solo Gareng S Haryanto turut hadir secara fisik dalam pembukaan SGS 2021 untuk memberikan dukungan serta apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.

1. Inisiatif pemerintah daerah bekerja sama dengan KADIN

OJK Dukung Pemda Tingkatkan Transaksi Sektor Ritel dan UMKMDok. OJK

Pelaksanaan SGS 2021 ini merupakan inisiatif pemerintah daerah bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dalam memicu kembali minat masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi dan menggerakan kembali roda perekonomian di Kota Solo dan sekitarnya sebagai upaya untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dengan memanfaatkan ekonomi digital.

Dalam sambutannya, Wimboh menyampaikan bahwa OJK sangat mendukung inisiatif pemerintah daerah dan KADIN dalam melaksanakan kegiatan ini, dan dengan pemanfaatan aplikasi digital, masyarakat dapat lebih mudah melakukan kegiatan ekonomi, sehingga tidak perlu hadir di tempat untuk membeli kebutuhannya.

2. Diperkirakan jumlah target transaksi akan tumbuh 2 kali lipat

OJK Dukung Pemda Tingkatkan Transaksi Sektor Ritel dan UMKMIDN Times/Dhana Kencana

Menurut Wimboh, dengan munculnya fasilitas yang memanfaatkan perkembangan teknologi, maka dapat diperkirakan jumlah target transaksi pada kegiatan ini akan tumbuh 2x lipat dari yang sebelumnya ditargetkan oleh Panitia yaitu Rp800 miliar. 

“Dengan hadirnya Solo Great Sale 2021 ini diharapkan dapat meningkatkan permintaan masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan, sehingga mampu membantu sektor UMKM yang saat ini memerlukan dukungan lebih untuk dapat tumbuh,” kata Wimboh.

3. OJK siap bantu inisiatif ini

OJK Dukung Pemda Tingkatkan Transaksi Sektor Ritel dan UMKMANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

OJK siap membantu inisiatif pemerintah daerah beserta seluruh stakeholder dalam menerapkan pola sistem yang serupa dengan Solo Great Sale ke seluruh daerah nasional sebagai upaya mendorong kembali daya beli masyarakat dan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya