Percepat Tracing, Pemkab Kediri Luncurkan Mobil PCR

Jangkau berbagai daerah di Kedir

Kediri, IDN Times -- Meningkatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Kediri menjadi perhatian serius Pemkab Kediri. Selain menggalakkan vaksinasi, upaya lain yang dilakukan adalah meluncurkan mobil tes Swab PCR yang akan menjangkau sejumlah daerah di Kabupaten Kediri.

Kehadiran mobil ini diharapkan dapat menjadi terobosan dalam melakukan 3T, yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment). Dengan pemeriksaan dini maka bisa mendapatkan perawatan dengan cepat, sekaligus menghindari potensi penularan ke orang lain.

1. Target minggu ini sudah beroperasi

Percepat Tracing, Pemkab Kediri Luncurkan Mobil PCRIlustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Hal ini disampaikan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dalam rapat evaluasi Satgas Covid-19 yang dilakukan secara daring. Mas Bup mengatakan, mobil PCR ini ditargetkan minggu ini sudah beroperasi.

"Mobil ini mampu melakukan tes tracing 30-40 sampel dalam dua jam. Nantinya mobil ini akan berkeliling ke daerah-daerah yang berpotensi terjadi penyebaran Covid-19," ucapnya.

2. Target 300 sampel per hari

Percepat Tracing, Pemkab Kediri Luncurkan Mobil PCRDok. Pemkab Kediri

Mas Bup menambahkan, mobil tes PCR ini ditargetkan mampu menjangkau 300 sampel perhari. Dengan demikian diharapkan tracing dapat dilakukan secara cepat. 

“Kita akan lihat hasilnya. Jika hasilnya baik, maka akan kita tambah lagi mobilnya," imbuh Mas Bup Dhito.

3. Swab bisa jangkau lebih luas dan lebih cepat

Percepat Tracing, Pemkab Kediri Luncurkan Mobil PCRDok. Pemkab Kediri

Sementara itu Direktur RS SLG dr Eko Heriadi mengatakan, dengan mobil PCR swab bisa dilakukan lebih luas dan lebih cepat, untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri. 

"Mobil ini punya dua alat tes dengan lima operator nakes. Untuk setiap alat, sekali tes bisa 30-40 sampel. Jadi dalam waktu 2 jam, sekitar 60 sampel bisa dites secara bersamaan," jelas Eko. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya