Bupati Garut Minta Tiap Kebijakan Ditinjau Secara Teknokratis

Para pengambil keputusan perlu jadi expert di bidangnya

Garut, IDN Times - Bupati Garut, Rudy Gunawan memimpin apel pagi dan doa Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut (6/6/2023). Bupati disambut Kepala Diskominfo, Margiyanto, Sekretaris Diskominfo, Agus Barjah, dan seluruh pegawai.

Dalam arahannya Bupati Garut, mengungkapkan saat ini kinerja pemerintah sudah bergeser dari tradisional menjadi elektronik. Maka dari itu, keberadaan Diskominfo dinilai sangat penting, karena kebijakan perlu ditinjau dari sudut pandang teknokratik.

"Jadi nanti kita akan mencoba juga di dalam akhir masa jabatan saya ini untuk mengatur reposisi jabatan-jabatan di Diskominfo," ucapnya.

1. Sesuaikan jabatan dengan latar belakang

Bupati Garut Minta Tiap Kebijakan Ditinjau Secara TeknokratisIlustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Rudy menyatakan, nantinya dirinya akan mulai menggeserkan pegawai yang tidak mempunyai hubungan teknis dengan jabatannya, menjadi sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Hal ini diatur dalam Perbup Nomor 7 Tahun 2023 tentang suksesi.

"Di dalam suksesi itu ada yang namanya kompetensi teknis dan ada yang namanya kompetensi manajerial," lanjutnya.

Baca Juga: 200 Ribu UMKM di Jabar Binaan BRI Telah Gunakan QRIS

2. Perlunya SDM dengan keterkaitan teknis dan manajerial

Bupati Garut Minta Tiap Kebijakan Ditinjau Secara Teknokratisilustrasi pegawai/non-ASN (IDN Times/Aditya Pratama)

Ia juga menegaskan, dirinya saat ini memerlukan orang yang memiliki keterkaitan baik secara teknis dan manajerial. Rudy menerangkan, Pejabat Tinggi Pratama pun harus mempunyai kepemimpinan dan kompetensi, kapasitas, dan perilaku kerja yang baik.

"Jadi kalau perilaku kerjanya tidak bagus ya tidak bagus, atau perilaku kerjanya di bawah ekspektasi ya tidak akan bagus. Nah saya berharap, Diskominfo itu harus orang yang mempunyai komunikasi yang tinggi," katanya.

Di sisi lain, Bupati Garut mengingatkan bahwa tugas Diskominfo itu adalah mencari, menghimpun, dan menjadikan semua informasi sebagai kekuatan penyelenggaraan pemerintahan di berbagai entitas. Untuk itu Rudy berharap Diskominfo dapat memberikan informasi yang menarik bagi masyarakat melalui berbagai kanal. (WEB)

Baca Juga: Ridwan Kamil: Jawa Barat hingga 2024 Fokus pada Perbaikan Jalan

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya