Jemput Bola ke NTT, GISA 3T Sukses Layani 1.991 Dokumen Kependudukan

Warga antusias, layanan kependudukan terpenuhi! 

Borong, IDN Times - Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) melakukan 3 hari pelayanan jemput bola (jebol) di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Hasilnya memuaskan, tidak kurang dari 1.991 dokumen kependudukan berhasil dilayani.

Animo layanan adminduk cukup tinggi dan masyarakat juga menunjukkan minatnya terhadap layanan ini. Buktinya, mereka datang berbondong-bondong ke titik layanan di Kantor Kecamatan Sambi Rambas, Manggarai Timur, NTT, pada 4 hingga 6 Oktober 2023.

1.Berbagai layanan kependudukan terpenuhi

Jemput Bola ke NTT, GISA 3T Sukses Layani 1.991 Dokumen KependudukanTim GISA 3T melakukan pelayanan jemput bola (jebol) di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. (Dok. Dukcapil)

Direktur Dafdukcapil AS Tavipiyono menjelaskan hasil layanan tersebut terdiri dari berbagai produk layanan administrasi kependudukan. "Terdiri dari 326 perekaman KTP-el, pencetakan 347 KTP-el, 777 Kartu Keluarga, 383 Akta Kelahiran, 115 SKPWNI serta aktivasi 43 IKD," jelas Tavip pada keterangannya.

Di sisi lain, Camat Sambi Rampas Robert Nardin mengaku bahagia bukan kepalang. Ia pun mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan pelayanan oleh Ditjen Dukcapil dan Disdukcapil Manggarai Timur.

"Ini sangat luar biasa, sebenarnya pelayanan adminduk secara mobile sering ada. Namun untuk layanan yang masyarakat datang dan hasilnya langsung dicetak dan kami terima saat ini juga adalah yang pertama. Maka antusiasme masyarakat ini tidak terbendung," ungkap Robert.

Baca Juga: Kepala dan Tim Dukcapil DKI Terjun ke Kelurahan, Beri Layanan Adminduk

2. Antusiasme masyarakat dapatkan layanan kependudukan

Jemput Bola ke NTT, GISA 3T Sukses Layani 1.991 Dokumen KependudukanAntusiasme warga akan pelayanan jemput bola (jebol) Tim GISA 3T di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. (Dok. Dukcapil)

Ungkapan terimakasih pun juga diutarakan oleh Niken (18), pelajar yang baru saja lulus SMA ini merekam data biometriknya untuk dicetak menjadi KTP-el. Meskipun antrean panjang, ia tidak surut langkah. Bahkan hingga petang hari pun, ia masih setia menunggu.

"Tidak masalah saya antre menunggu. Karena KTP-el saya ini mau saya gunakan untuk mendaftar kuliah. Saya sangat senang dan berterimakasih karena saya tidak perlu jauh datang ke kota, dan ini KTP-el saya langsung dicetak," ucapnya dengan senyum sumringah.

3. Apresiasi kepada tim GISA 3T

Jemput Bola ke NTT, GISA 3T Sukses Layani 1.991 Dokumen KependudukanIDN Times/Aji

Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi, pun turut memberikan apresiasi dan semangat kepada seluruh Tim GISA 3T yang bertugas. Ia berpesan kepada tim yang selanjutnya bertugas agar dapat terus berhati-hati di jalan.

"Terima kasih telah berjuang membantu layanan di daerah. Hati-hati di jalan dan tim yang akan berangkat selanjutnya agar dapat dipersiapkan dengan matang," tutup Teguh. (WEB)

Baca Juga: 18000 Warga Makassar Belum Punya E-KTP, Dukcapil akan Datangi Sekolah

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya