Kepala BPIP Ajak Masyarakat Ikut Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila

Tidak hanya dalam negeri, WNI luar negeri juga diimbau ikut

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengikuti gladi bersih sekaligus meninjau lokasi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Selasa, (31/5/2023). Pada kesempatan ini, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mensukseskan dan mengikuti upacara bendera di daerah  masing-masing sebagai perwujudan rasa nasionalisme.

Yudian mengatakan, pelaksanaan peringatan upacara Hari Lahir Pancasila bisa dilaksanakan secara langsung maupun secara daring melalui siaran televisi nasional atau kanal media sosial BPIP RI. Adapun aturan mengenai upacara esok hari, tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

"Dalam Kepres ditegaskan 1 Juni merupakan libur nasional dan pemerintah dan seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila," ujarnya.

Baca Juga: Ketua Dewan Pengarah BPIP Beri Arahan Kepada Kepala Desa

1. Upacara akan dihadiri Presiden Jokowi

Kepala BPIP Ajak Masyarakat Ikut Upacara Bendera Hari Lahir PancasilaPresiden Joko Widodo pimpin upacara Kesaktian Pancasila (Youtube Sekretariat Presiden)

Selain itu, seluruh pedoman upacara memperingati Hari Lahir Pancasila juga ditegaskan dalam Surat Edaran BPIP tentang Hari Lahir Pancasila tahun 2023 dan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2023. Dalam kesempatan yang sama Wakil Kepala BPIP Karjono Atmoharsono menyebut upacara besok akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara dan Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri beserta jajarannya.

"Selain itu juga peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang dipusatkan di Jakarta ini akan dihadiri kurang lebih 4000 tamu undangan," ujarnya.

2. Harap seluruh masyarakat ikuti upacara

Kepala BPIP Ajak Masyarakat Ikut Upacara Bendera Hari Lahir PancasilaKepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengikuti gladi bersih sekaligus meninjau lokasi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Selasa, (31/5) (Dok. BPIP)

Karjono menjelaskan, momen peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun ini mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" dengan tagline "Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia". Ia berharap upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tidak hanya diikuti oleh masyarakat di dalam negeri, tetapi juga seluruh kantor,  lembaga, dan masyarakat Indonesia di luar Negeri.

Sementara itu, Sekretaris Utama BPIP sekaligus Ketua Pelaksana Hari Lahir Pancasila 2023 Adhianti memastikan persiapan seluruh pendukung sudah matang termasuk pasukan Upacara. Ada sebanyak 867 orang dan cadangan 72 orang personil yang dipersiapkan untuk upacara kali ini. Latar belakangnya pun datang dari berbagai kalangan, seperti Paskibraka, TNI, Polri, PNS, Pelajar, Satsik dan Perangkat Upacara.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan surat edaran, pakaian yang akan digunakan dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila adalah pakaian adat untuk pria dan wanita. Sementara, TNI dan Polri akan menggunakan pakaian dinas upacara. 

3. Antisipasi cuaca buruk

Kepala BPIP Ajak Masyarakat Ikut Upacara Bendera Hari Lahir PancasilaPersiapan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 (Dok. BPIP)

Adhianti menambahkan, pelaksanaan upacara akan dilaksanakan di dalam Monas (cawan) dengan kapasitas personel upacara terbatas jika hujan turun. "Nanti jika terjadi hujan dan antispasi lainnya, maka upcara akan dilaksanakan di cawan momas tanpa tamu undangan", ujarnya.

Upacara rencananya akan digelar pada pukul 07.00 WIB untuk pemerintah pusat dan daerah yang berada di bagian wilayah barat kecuali DKI Jakarta. Sedangkan, upacara akan dimulai pada pukul 08.00 WITA untuk pemerintah daerah di wilayah tengah dan pukul 09.00 WIT untul pemerintah daerah wilayah timur.

Adapun Upacara Hari Lahir Pancasila di 2023 juga melibatkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat pusat tahun 2022. Mereka rencananya akan diangkat sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila 2023. (WEB)

Baca Juga: Ketua Dewan Pengarah BPIP Beri Arahan Kepada Kepala Desa

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya