Uu Ruzhanul Minta Masyarakat Jabar Refleksikan Para Ulama Terdahulu

Nalar intelektual dan spiritual baik perlu dijaga

Garut, IDN Times - Safari Ramadan menjadi agenda rutin kepala daerah, termasuk Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Salah satu agenda tersebut adalah mengunjungi Pesantren Sirojul Huda di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Selasa 4 April 2023. 

Silaturahmi kali ini di hadapan para santri, Wagub Uu Ruzhanul mengajak masyarakat untuk merefleksikan para ulama terdahulu. Mereka sangat berjasa membangun karakter masyarakat Indonesia, khususnya Jabar dengan paripurna. 

1. Cerminan intelektual dan spiritual

Uu Ruzhanul Minta Masyarakat Jabar Refleksikan Para Ulama TerdahuluIlustrasi ulama (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Lalu, cerminan para ulama terdahulu juga bukan hanya pada nalar intelektual saja namun juga spiritual. Moral dan budi pekerti yang luhur masyarakat Jabar dalam kehidupan sehari-hari menjadi cerminan spiritual ulama. 

"Para ulama sudah membangun karakter masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat dengan menanamkan keimanan, ketakwaan, ketauhidan, dan lainnya," kata Uu Ruzhanul.  

Baca Juga: Gubernur Jabar Apresiasi Pelajar yang Menolong Disabilitas di Pasar  

2. Pertahankan semangat kemerdekaan

Uu Ruzhanul Minta Masyarakat Jabar Refleksikan Para Ulama TerdahuluIlustrasi gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Bukan hanya itu, perjuangan para ulama dan santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah juga perlu diperhatikan. 

Para ulama terdahulu menginginkan negara yang gemah ripah loh jinawi, kekayaan alam yang berlimpah, tenteram dan makmur serta sangat subur tanahnya berdasarkan Pancasila, ketuhanan yang Maha Esa dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Semangat ini perlu dipertahankan dan terus dijaga hingga sekarang.

3. Apresiasi peran ulama

Uu Ruzhanul Minta Masyarakat Jabar Refleksikan Para Ulama TerdahuluGedung PBNU (nu.or.id)

Dengan adanya ulama, ustaz, ustazah, Jawa Barat tetap pada marwahnya sebagai provinsi yang berbasis religius. Ia mengungkapkan pula dalam kunjungannya ke pesantren tersebut sebagai bentuk ucapan terima kasih atas peran ulama. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jabar kami mengucapkan terima kasih kepada ajengan dan ulama dalam membantu pemerintah dalam pembangunan karakter masyarakat Jawa Barat," ujar Uu Ruzhanul. (WEB)

Baca Juga: Pemprov Jabar Targetkan Cakupan Imunisasi Polio Capai 90 Persen  

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya