Makin Sejahtera, Nasabah PNM Berdayakan Keluarga dan Sekitarnya

Kegigihan nasabah jadi contoh dampak positif dari PNM

Jakarta, IDN Times – PT Permodalan Nasional Madani, memasuki usia ke 24, tetap konsisten memberdayakan dan mendampingi para pelaku usaha Ultra Mikro di seluruh Indonesia. Peran nyata PNM bagi para pejuang ekonomi kerakyatan memiliki dampak yang langsung dirasakan tidak hanya pada keluarga namun juga terhadap lingkungan sekitar. 

Hal ini selaras dengan salah satu pilar yang terdapat pada poin-poin pembangunan berkelanjutan, yaitu kemajuan ekonomi dan tidak ada satupun yang tertinggal.

1. Berdayakan masyarakat dengan PNM

Makin Sejahtera, Nasabah PNM Berdayakan Keluarga dan SekitarnyaIbu Ratnasari, nasabah PNM asal Jakarta yang merasakan dampak positif PNM (Dok. PNM)

Salah satunya adalah Ibu Ratnasari, nasabah PNM asal Jakarta yang merasakan dampak positif setelah beliau bergabung selama kurang lebih tiga tahun di PNM. Sebanyak kurang lebih 14 juta Nasabah PNM yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, Ibu Ratna berhasil memampukan dirinya sebagai tulang punggung keluarga sekaligus menjadi relawan bagi para penyandang disabilitas. 

Konsistensi dan semangat PNM  dalam memberdayakan serta mendampingi para pelaku usaha Ultra Mikro terlihat dari jumlah penyaluran PT PNM pada kuartal pertama 2023 ini yang mencapai angka Rp19 Triliun. Sama halnya seperti semangat Ibu Ratnasari, lebih dari tujuh tahun beliau telah menjadi pendamping para penyandang disabilitas. 

Disela kesibukannya sebagai penjual makanan ringan, Ibu Ratna setia mengabdikan dirinya untuk tetap membantu kebutuhan para penyandang disabilitas yang terdata baik di Kemensos maupun Dinas Sosial yang ada di daerah tempat Ia tinggal. 

“Saya membantu mereka yang membutuhkan, mulai dari alat bantu jalan, kursi roda, alat dengar, sampai tongkat. Kebutuhannya itu nanti akan di data lalu Dinas Sosial akan bantu.” tutur Ibu Ratna pada keterangannya, 17 Mei 2023.

Baca Juga: Kisah Merry, Nasabah PNM yang Masakannya Diserbu Delegasi KTT ASEAN

2. Tularkan semangat usaha ke keluarga dan kerabat

Makin Sejahtera, Nasabah PNM Berdayakan Keluarga dan SekitarnyaIbu Ratnasari, nasabah PNM asal Jakarta yang merasakan dampak positif PNM (Dok. PNM)

Tidak hanya itu, upaya dan kegigihan Ibu Ratna menular pada rekan dan kerabat dekatnya yang tergabung dalam kelompok usaha PNM Mekaar. “Saya menjadi tulang punggung keluarga, anak saya 3, tapi Alhamdulillah, semenjak bergabung dengan PNM Mekaar, ketiga anak saya dapat hidup layak, bisa mengenyam tahapan pendidikan yang  sesuai.” Pungkasnya. 

Tidak hanya itu, kesempatan yang didapatkan Ibu Ratna dari hasil kerja kerasnya berbuah manis. Pada Maret 2023 lalu, Ia berkesempatan untuk memasarkan produknya di berbagai pameran. Mulai dari Bazaar UMKM, hingga pameran UMKM Indonesia di Kementerian Perindustrian. (WEB)

Baca Juga: PNM Targetkan 13 Juta Nasabah PNM Mekaar hingga Akhir 2022

Topik:

  • Evan Yulian Philaret
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya