Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Raih Penghargaan dari PWI Jabar

Pers diharap terus pegang independensi jelang tahun politik

Karawang, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum mendapat penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat. Penghargaan diberikan pada momentum peringatan Hari Pers Nasional 2023 Tingkat Jawa Barat, di Kabupaten Karawang, Sabtu (20/5/2023).

Dalam HPN 2023 Tingkat Jabar, Ridwan Kamil mendapat anugerah 'Pupuhu Pangaping Darma Sahasra' atas inisiasi Program 1.000 Peserta Ujian Kompetensi Wartawan Gratis, dan Uu Ruzhanul Ulum mendapat anugerah 'Pupuhu Pangaping Darma Raksa Giat Mitra' atas dukungan dan kepedulian terhadap PWI. 

1. Ridwan Kamil apresiasi penghargaan yang diberikan

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Raih Penghargaan dari PWI JabarRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Penghargaan yang langsung diserahkan Ketua Umum PWI Atal Sembiring dan diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah. Ia mewakili Gubernur yang saat ini masih berada di Amerika Serikat dalam rangka kunjungan kerja. 

Melalui pesan khusus, Gubernur Jabar Ridwan Kamil berterima kasih kepada PWI Jabar atas penghargaan yang diberikan. "Atas nama Pemprov Jabar menghaturkan terima kasih kepada PWI Jabar, tahun 2023 ini yang memberikan penghargaan kategori Pupuhu Pangaping," ujar Ridwan Kamil.

Gubernur mendukung kolaborasi Pemdaprov Jabar dengan rekan-rekan pers, media, dan wartawan. Tujuannya agar informasi penting dapat tersampaikan secara utuh, benar, dan terpercaya kepada masyarakat.  Kang Emil menambahkan, Indeks Kebebasan Pers Jawa Barat saat ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelummya.  

"Alhamdulillah, setelah beberapa tahun Indeks Kebebasan Pers Jawa Barat yang di awal jabatan saya di rangking 29 sampai 23. Melalui reformasi, regulasi, reformasi politik serta reformasi ekonomi pers, kita berhasil menempati rangking dua terbaik di Indonesia di tahun 2021," sebut Ridwan Kamil. 

2. Harapan pers terus menjadi lebih baik

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Raih Penghargaan dari PWI Jabarilustrasi wartawan (pexels.com/Redrecords ©️)

Kang Emil berharap agar puncak Hari Pers Nasional Tingkat Jawa Barat menjadi ajang instrospeksi dan renungan insan pers, sekaligus momentum untuk melangkah maju, berinovasi, menangkap peluang dan mewujudkan pers yang berkelanjutan. 

"Tantangan saat ini memang tidak mudah bagi industri pers dan media-media konvensional, ada disrupsi global, ada ancaman resesi global dan juga persaingan dengan platfom asing, media digital dan media sosial," ujarnya.

Gubernur berpesan agar media massa tetap menjadi pilar demokrasi keempat dan platform media digital serta media sosial. Media-media arus utama pun juga diharapkan dapat jadi penjernih informasi dan menjadi referensi utama bagi masyarakat dalam memperoleh informasi.

Jurnalisme juga diminta agar tetap pada jati dirinya dalam menjalankan peran memberikan informasi, mendidik, menghibur dan melakukan kontrol sosial, sehingga berkontribusi besar dalam peradaban. "Penting bagi media dalam pemberitaan tetap mempertahankan akurasi dan independensi," kata Ridwan Kamil. 

3. Pers diminta berpegang teguh pada idealisme dan independensi

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Raih Penghargaan dari PWI JabarIlustrasi menulis job desk (pexels.com/Vlada Karpovich)

Ridwan Kamil menambahkan, aktivitas jusnalistik dan media adalah bagian juga dari dunia usaha, namun harus  tetap berpegang pada landasan idealisme dasar. Apalagi, tahun depan adalah tahun politik yang diwarnai potensi kegaduhan, dan potensi kepentingan politik. 

"Saya berharap media berpegang teguh pada idealisme dan independensi. Media massa juga diharapkan turut mendorong pemilu tahun depan dengan jujur, adil, aman dan damai. Jangan sampai terjadi polarisasi di masyarakat seperti terjadi dipemilu 2014 maupun 2019," jelasnya.

Gubernur menambahkan, menjelang Pemilu 2024, Pemdaprov Jabar sudah menandatangani komitmen dengan KPU dan Bawaslu Provinsi serta kabupaten/ kota untuk bersama-sama memerangi berita hoaks.

4. Pemdaprov Jabar ajak pers dukung program pemerintah

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Raih Penghargaan dari PWI Jabarilustrasi kerja wartawan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah mengajak seluruh insan pers mendukung program-program Pemdaprov Jabar dengan menyampaikan kepada masyarakat dengan akurat dan lengkap. Akurasi dan kelengkapan informasi penting agar masyarakat dapat mengetahui dan merasakan manfaat program dengan maksimal. 

Ika berharap media bisa turut serta menangkal hoaks melalui informasi maupun pemberitaan yang benar adanya, sehingga masyarakat akan lebih bijak dalam menerima informasi atau berita.

"Saat ini tidak sedikit berita hoaks yang tersebar di berbagai media, khususnya media sosial. Di sinilah peran media, baik cetak, elektronik, maupun media online untuk ikut menangkal berita-berita yang belum tentu kebenarannya atau hoaks," tuturnya.

Ketua Umum PWI Atal Sembiring mengapresiasi Pemdaprov Jabar yang telah mendukung program PWI dalam upaya meningkatkan kemampuan insan pers melalui  Program 1.000 Peserta UKW Gratis di Jawa Barat. Selain itu pada HPN Tingkat Jawa Barat, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar Asep Sukmana juga mendapat penghargaan Anugerah Pupuhu Pangrojong dari PWI. (WEB)

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya