Sambut HUT ke-74 Kemenkumham, Imigrasi Gelar Pelayanan Paspor di Mal

Imigrasi membuka kuota sebanyak 1.260 pemohon paspor

Jakarta, IDN Times – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Kementerian Hukum dan HAM RI atau Hari Dharma Karyadhika (HDKD), Direktorat Jenderal Imigrasi mengadakan Pelayanan Paspor Simpatik di Lippo Mal Plaza Semanggi dan Lippo Mal Cikarang pada Sabtu-Minggu (26-27/10).

Kepala Subbag Humas Ditjen Imigrasi Sam Fernando mengatakan bahwa Ditjen Imigrasi membuka kuota sebanyak 1.260 pemohon paspor. Untuk melayani masyarakat yang mendaftar antrean melalui Aplikasi Layanan Paspor Online, disediakan booth pelayanan paspor sebanyak 10 buah di Plaza Semanggi dan 6 booth di Lippo Cikarang. Sebanyak 50 orang petugas imigrasi dari kantor Imigrasi di DKI Jakarta dan Jawa Barat disiagakan untuk melayani para pemohon paspor.

1. Layanan yang disediakan di Pelayanan Paspor Simpatik

Sambut HUT ke-74 Kemenkumham, Imigrasi Gelar Pelayanan Paspor di MalIDN Times/Ditjen Imigrasi

Masyarakat yang mendapatkan antrean bisa langsung datang ke venue acara mulai pukul 08.00 pagi hingga pukuk 06.00 sore. Proses wawancara dan pengambilan data biometrik (sidik jari dan foto) akan dilakukan di booth yang disediakan di kedua mal tersebut. 

Pelayanan paspor simpatik akan melayani permohonan paspor baru dan penggantian karena habis masa berlakunya. Pemohon bisa meminta paspor biasa atau paspor elektronik sesuai keinginan.

2. Layanan pembayaran juga disediakan pada pelayanan tersebut

Sambut HUT ke-74 Kemenkumham, Imigrasi Gelar Pelayanan Paspor di MalIDN Times/Ditjen Imigrasi

Untuk pembayaran paspor dilakukan setelah pemohon paspor selesai melakukan pengambilan data biometrik. Pembayaran bisa dilakukan secara cashless di konter BNI di lokasi acara. Pengiriman paspor dilakukan melalui jasa PT POS Indonesia.

3. Tujuan pelayanan diadakan di Mal

Sambut HUT ke-74 Kemenkumham, Imigrasi Gelar Pelayanan Paspor di MalIDN Times/Ditjen Imigrasi

Untuk menyukseskan pelayanan paspor simpatik HDKD 2019, Ditjen Imigrasi sengaja menggandeng BNI 1946 dan Lippo Group. Pelayanan dilakukan di mal pusat kota untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian dengan para pengunjung yang menghabiskan waktu akhir pekan di sana.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya