Kunker ke Sulsel, Ketua DPD RI Dengarkan Aspirasi soal Kearifan Lokal 

DPD RI disambut upacara tamu adat

Palopo, IDN Times - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti beserta rombongan mengisi kunjungan kerja (kunker) hari kedua di Provinsi Sulawesi Selatan dengan rapat kerja bersama Wali Kota Palopo H Muhammad Judas Amir, di kantornya, Rabu (12/2/2020).

Pimpinan Komite II DPD RI Hasan Basri dan senator asal Toraja, Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa serta senator Ajbar (Sulawesi Barat) dan senator Alexander Fransiscus (Bangka Belitung) mendampingi LaNyalla dan menyempatkan diri untuk mengunjungi Masjid Tua Palopo dan Istana Kedatuan Luwu  Palopo. 

Di masjid yang dibangun pada 1604 Masehi itu, LaNyalla juga melaksanakan salat zuhur berjemaah. Usai berkunjung ke masjid yang didirikan Raja Luwu Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdullah Matinroe itu, rombongan menuju Istana Kedatuan Luwu Palopo.

Upacara penyambutan tamu adat oleh wakil Datu Luwu Andi Muhammad Nur Palulu beserta jajarannya menyambut LaNyalla dan para senator. “Kami ingin menitipkan kepada Ketua DPD RI agar kearifan lokal di Indonesia tetap dapat terjaga,” ungkap Andi setelah menjamu rombongan DPD RI di dalam Istana Luwu Palopo. 

LaNyalla pun berterima kasih atas penyambutan terhadap dirinya dan para senator DPD RI. “Awalnya kami hanya ingin melihat secara langsung Istana Luwu, namun ternyata kami disambut dengan upacara tamu adat. Sekali lagi, kami akan catat aspirasi tentang kearifan lokal tersebut. Apalagi DPD RI memang mewakili daerah, termasuk di dalamnya kebudayaan dan adat istiadat,” ungkap LaNyalla.

1. Rapat antara Wali Kota Palopo dan DPD RI juga membahas beberapa aspirasi

Kunker ke Sulsel, Ketua DPD RI Dengarkan Aspirasi soal Kearifan Lokal IDN Times/DPD RI

Sementara itu, saat rapat kerja dengan Wali Kota Palopo, beberapa aspirasi disampaikan untuk dapat diperjuangkan di DPD RI. Hal tersebut di antaranya keinginan Palopo agar Universitas Andi Djemma bisa beralih status menjadi universitas negeri dan IAIN Palopo menjadi UIN. 

“Kami juga ingin mendapat tambahan dana DAK dari pusat, khususnya untuk infrastruktur jalan dan drainase serta bendungan di Latuppa untuk penanggulangan banjir, sekaligus destinasi wisata. Saat ini DAK yang kami terima dari APBN hanya Rp14 miliar,” ungkap Judas Amir. 

2. Wali Kota Palopo juga menitipkan pesan kepada DPD untuk Menteri LHK

Kunker ke Sulsel, Ketua DPD RI Dengarkan Aspirasi soal Kearifan Lokal IDN Times/DPD RI

Wali Kota Palopo juga meminta agar DPD RI dapat menyampaikan pesan kepada Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memperhatikan jajaran di bawahnya agar tidak mengalihfungsikan lahan hutan dan seolah membiarkan perambah hutan di wilayah Palopo. 

“Sebab kami sudah diingatkan oleh BNPB, ancaman serius banjir dan longsor serta pergerakan tanah,” ungkapnya. 

3. DPD RI pun menyampaikan soal RUU Investasi Daerah dan RUU BUMDes

Kunker ke Sulsel, Ketua DPD RI Dengarkan Aspirasi soal Kearifan Lokal IDN Times/DPD RI

Di tempat yang sama, senator asal Sulawesi Barat Ajbar menyampaikan bahwa saat ini DPD RI sedang menyiapkan RUU Investasi Daerah dan RUU BUMDes untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Ini tentu penting bagi kota jasa seperti Palopo, agar kemudahan berusaha dan berinvestasi bisa semakin meningkat,” urai Ajbar. 

Adapun senator asal Toraja, Lily Amelia, menyampaikan kepada Wali Kota Palopo bahwa sebelum LaNyalla menjadi Ketua DPD RI, Lily meminta kepada pria berdarah Bugis itu untuk berkeliling Indonesia bila terpilih menjadi ketua. 

“Dan hari ini saya bawa beliau ke Sulawesi Selatan, termasuk ke Palopo dan Toraja,” ungkap Lily disambut tepuk tangan para peserta raker. 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya