Comscore Tracker

Kembangkan Wisata, Purwakarta Jadikan Taman Maya Datar Lebih Menarik 

Taman kota di Purwakarta menjadi daya tarik tersendiri

Purwakarta, IDN Times - Sejak beberapa tahun terakhir, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus berbenah dan mengembangkan potensi wisata yang ada untuk menjadikannya objek menarik dikunjungi. Daerah itu tidak hanya memiliki pesona alam yang cantik dan indah, tetapi juga memiliki taman kota yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi setiap hari. 

Sejumlah taman kota pun menghiasi lokasi-lokasi strategis di seputar Purwakarta, seperti Taman Pesanggrahan Padjadjaran atau Alun-Alun Purwakarta, Taman Sri Baduga atau Situ Buleud, Taman Surawisesa, Taman Pancawarna, Taman Pancaniti, dan Taman Panca Warna. Selain sejumlah taman itu, ada juga taman yang mampu menarik perhatian, yakni Taman Maya Datar di Kompleks Pemda Purwakarta. 

1. Bupati Purwakarta mempercantik Taman Maya Datar dengan memadukan suasana klasik dan keindahan bangunan

Kembangkan Wisata, Purwakarta Jadikan Taman Maya Datar Lebih Menarik IDN Times/Humas Purwakarta

Taman Maya Datar menawarkan keindahan dan kesejukan di tengah keramaian kota yang setiap harinya dipadati hilir mudik kendaraan. Taman yang dibangun pada periode Bupati Dedi Mulyadi itu bisa dikatakan cukup unik karena mengubah mindset areal perkantoran pemerintahan menjadi sebuah taman yang bisa dikunjungi dan dinikmati masyarakat. 

Saat ini Taman Maya Datar lebih dipercantik lagi oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Taman itu memadukan suasana klasik dan keindahan dedaunan. Hamparan bunga-bunga cantik di sana memanjakan mata menjadi background favorit untuk berswafoto bersama orang tercinta. Pepohonan yang rindang juga membuat pengunjung betah karena suasana yang asri dan memberikan kesegaran tersendiri.

2. Taman Maya Datar mampu mendatangkan wisatawan singgah ke Purwakarta

Kembangkan Wisata, Purwakarta Jadikan Taman Maya Datar Lebih Menarik IDN Times/Humas Purwakarta

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta Heri Anwar mengatakan, kehadiran taman kota menjadi daya tarik tersendiri yang mendatangkan wisatawan singgah ke Purwakarta. Taman Maya Datar menjadi salah satu taman yang direkomendasikan untuk menikmati suasana sejuk di wilayah perkotaan.

"Taman Maya Datar sangat ramah anak. Area taman yang luas dan nyaman membuat anak-anak bisa bermain dengan menyenangkan. Mereka bermain sepatu roda, sepeda, maupun sekadar jalan-jalan. Namun, tetap di bawah pengawasan orangtua," ungkap Heri, Rabu (20/11).

3. Filosofi Taman Maya Datar

Taman Maya Datar memiliki filosofi, yakni Maya Datar ialah tempat pertemuan antara warga dan pemimpin maupun pemerintahan secara sejajar. Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta mengubah konsep area pemerintahan menjadi area ruang terbuka untuk masyarakat sehingga tidak hanya pegawai pemerintah yang bisa menikmati taman itu, tetapi masyarakat secara umum juga bisa menikmati keindahan Taman Maya Datar.

Heri mengatakan, tidak jauh dari Taman Maya Datar terdapat juga Taman Panca Warna di area Bale Paseban atau Pendopo Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta. "Bagi wisatawan yang berniat berkunjung kedua taman itu direkomendasikan datang sore hari atau sekitar pukul 15.00 WIB, mengingat berlokasi di lingkungan kantor pemerintahan," ujar Heri.

Bahkan keberadaan taman-taman di Purwakarta, menurut sejumlah masyarakat, cukup memberikan warna di Purwakarta, apalagi jika datang bersama keluarga maupun anak-anak. 

“Ya enak sejuk apalagi kalau sore hari terkadang kita nikmati permainan air mancur. Belum lagi karena ada galeri wayang. Selain asyik buat spot foto juga menghilangkan penat setelah bekerja,” ujar Cucu salah seorang pegawai Bank BUMN di Purwakarta.

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya