Angkasa Pura Logistik Kirim Material untuk RS Darurat COVID-19 Merauke

APLog aktif terlibat dalam penanganan infrastruktur RS COVID

Jakarta, IDN Times - PT Angkasa Pura Logistik (APLog), subsidiari PT Angkasa Pura I (Persero)  melakukan pengiriman bahan material dan peralatan untuk pembangunan RS Darurat Covid-19  Merauke, dari Jakarta dan Surabaya tujuan Merauke pada 9 September – 24 September 2021. 

Pengiriman barang tersebut merupakan bentuk kerja sama antara APLog dengan PT Pembangunan  Perumahan (PP) Tbk sebagai perusahaan BUMN dalam rangka peningkatan fasilitas dan infrastruktur  kesehatan di tanah Papua. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, tingkat keterisian tempat tidur  (bed occupancy rate/BOR) rumah sakit (RS) rujukan penanganan virus corona Covid-19 semakin  menurun. Dalam skala nasional, rata-rata BOR RS sebesar 8 persen per Senin, 27 September 2021. Papua  menjadi provinsi yang memiliki BOR RS tertinggi, yakni 21 persen. Meski demikian, persentasenya sudah  berada di bawah standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 60 persen. 

Hal ini menjadi perhatian pemerintah untuk terus meningkatkan fasilitas kesehatan dan kelengkapan  rumah sakit darurat di beberapa kota di Papua terutama dalam hal akomodasi dan kelengkapan  material untuk pembangunan rumah sakit darurat lainnya di Tanah Papua tersebut. 

Baca Juga: PON Papua 2021, Logistik Atlet Jabar Sempat Terganggu

1. Pengiriman material berjalan lancar dan tertib berkat kerja sama APLog dan stakeholders

Angkasa Pura Logistik Kirim Material untuk RS Darurat COVID-19 MeraukePekerja Angkasa Pura Logistik. (Aplog.co)

Pengiriman material tersebut dilaksanakan mulai 9 September 2021 yang dikirimkan melalui  pesawat Boeing 737 dengan muatan sekitar 200 ton dengan 17 kali penerbangan, 8 kali penerbangan dari  Surabaya tujuan Merauke dan 9 kali penerbangan dari Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Merauke.

Selain itu, kegiatan pengiriman material tersebut dapat berjalan lancar dan tertib berkat kerja sama  antara APLog dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk serta dukungan dari beberapa maskapai  Trigana Air Services, Tri-MG Asia Airlines dan PT Jayawijaya Dirgantara Airlines. 

2. Kolaborasi dan koordinasi yang baik membuat pengiriman material berjalan lancar

Angkasa Pura Logistik Kirim Material untuk RS Darurat COVID-19 MeraukePekerja Angkasa Pura Logistik (aplog.co)

Direktur Operasi APLog Troficiendy mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang turut berpartisipasi  dalam penanganan pengiriman material RS Darurat Covid ke Merauke ini, berkat kolaborasi dan koordinasi yang baik sehingga pengiriman tersebut dapat berjalan lancar. 

“Semoga dapat membantu  pemerintah dan program percepatan infrastruktur kesehatan nasional dalam penanganan COVID-19  khususnya di tanah Papua,” ujar Troficiendy.

3. Komitmen APLog dalam percepatan infrastruktur kesehatan dalam penanganan COVID-19.

Angkasa Pura Logistik Kirim Material untuk RS Darurat COVID-19 MeraukeANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Troficiendy mengatakan, dukungan pengiriman yang dilakukan ini merupakan komitmen dari APLog dalam membantu program  percepatan infrastruktur kesehatan dalam penanganan Covid-19. 

Pengiriman alat dan material yang digunakan untuk kepentingan umum bukan merupakan kali pertama  bagi APLog. Pada awal September lalu, APLog turut berpartisipasi dalam kegiatan penanganan impor kargo vaksin di Semarang Jawa Tengah. 

Sebagai perusahaan logistik nasional APLog memiliki komitmen untuk terus hadir dan berpartisipasi serta mendukung kesuksesan program kesehatan nasional terutama dalam rangka penanganan Pandemik COVID-19 di seluruh nasional. (WEB)

Baca Juga: Satgas COVID-19: Tak Ada COVID-19 Varian Baru di PON Papua

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya