Binaan PNM Mekaar Tampilkan Usaha Terbaik di Harvesting Gernas BBIBBWI

OJK sukses gelar Harvesting Gernas BBIBBWI Sumsel

Palembang, IDN Times – Dalam rangka mendorong UMKM naik kelas, OJK Bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar kegiatan Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBIBBWI)

Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan Mahendra Siregar berharap gerakan BBI dan BBWI bukan hanya sebagai slogan semata, melainkan juga menjadi tumpuan ekonomi Indonesia lebih jauh di depan.

“Melalui program dan kegiatan yang terintegrasi, kami yakin bahwa BBI BBWI ini bukan lagi hanya menjadi slogan, tapi menjadi tumpuan kekuatan perekonomian kita ke depan lebih lanjut lagi,” jelas Mahendra.

1. Turut membuka lapangan pekerjaan

Binaan PNM Mekaar Tampilkan Usaha Terbaik di Harvesting Gernas BBIBBWIilustrasi ruang kerja minimalis (freepik.com/freepik)

Perhelatan yang berlangsung pada 26 Mei 2024 ini menarik antusias berbagai pihak di antaranya adalah nasabah PNM Mekaar. Aminah dan Sri Indrawati turut meramaikan acara yang berlokasi di Lapangan DPRD Sumsel ini dengan menampilkan produk usaha yang telah mereka rintis bertahun-tahun. 

Di sudut pameran produk UMKM, Aminah menjajakan hidangan pempek hasil olahan tangannya. Perempuan yang biasa disapa Cek Mina ini merupakan nasabah PNM Mekaar yang kini telah memiliki partai besar. 

Meskipun usahanya berawal dari skala rumahan, kini usaha pempek miliknya telah terjual di luar Kota Palembang melalui bantuan reseller. Siapa sangka usaha yang awalnya hanya mampu memproduksi 1-2 kg ikan kini mampu memproduksi 22.500 pcs pempek dalam satu hari. 

Tidak berhenti di situ, berkat kegigihan Cek Mina, ia turut membuka lapangan pekerjaan kepada 12 warga sekitar yang kini telah menjadi karyawannya. 

Baca Juga: PNM Peduli Gelar Bakti Sosial Masjid di PNM Cabang Solo

2. Tak kehabisan akal dalam mempromosikan jualannya

Binaan PNM Mekaar Tampilkan Usaha Terbaik di Harvesting Gernas BBIBBWIDalam rangka mendorong UMKM naik kelas, OJK Bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar kegiatan Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBIBBWI) (Dok. PNM)

Tak kalah hebat dengan Cek Mina, nasabah PNM Mekaar bernama Sri Indrawati terlihat tersenyum lebar saat mengisi pameran UMKM dalam perhelatan bergengsi ini. 

Ia memproduksi ikan panggang atau salai yang meluas menjadi ikan asin. Dalam satu minggu, Sri bisa mengasap 200kg ikan dengan omset yang menggiurkan. 

Sebagai ibu rumah tangga, Sri tak kehabisan akal dalam mempromosikan jualannya. Ia melakukan pendekatan kepada rumah makan di sekitar tempat tinggalnya agar bisa mengisi dagangannya dan membuahkan hasil.

3. Dapat menjadi contoh agar memotivasi nasabah PNM Mekaar lainnya.

Binaan PNM Mekaar Tampilkan Usaha Terbaik di Harvesting Gernas BBIBBWISalah satu nasabah PNM Mekaar (Dok. PNM)

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary menyatakan apresiasi setinggi-tingginya atas keuletan para ibu-ibu yang selalu kreatif dalam mengelola usahanya. Menurutnya, apa yang dilakukan ibu Aminah dan Ibu Sri dapat menjadi contoh agar memotivasi nasabah PNM Mekaar lainnya. 

“Ibu-ibu memang harus punya inisiatif yang tinggi dan mental pantang menyerah. Apalagi kalau saling merangkul dan bekerjasama tentu usaha ultra mikro bisa sustain dan naik kelas secara massif,” tutup Dodot. (WEB)

Baca Juga: PNM Raih Penghargaan Best Islamic Currency Deal–Indonesia

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya