Bupati Kediri Terima Penghargaan dari Ombudsman RI 

Nilai kepatuhan Kediri dinilai meningkat

Surabaya, IDN Times - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mendapatkan penghargaan dari Ombudsman RI. Penghargaan tersebut didapat atas penilaian terhadap kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik 2022.

Ombudsman RI menilai kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri dalam pelayanan publik masuk kategori B atau zona hijau dengan opini kualitas tinggi dan nilai 84,15. 

Penilaian tersebut meningkat dari tahun 2021 yang masuk kategori sedang dengan nilai kepatuhan Ombudsman 80,26 yang masuk dalam zona kuning. 

1. Pemkab akan terus melakukan evaluasi dan penilaian

Bupati Kediri Terima Penghargaan dari Ombudsman RI Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Dok. Kediri)

Penilaian ini dilakukan mulai Agustus hingga November 2022 di tujuh unit layanan, yakni Puskesmas Gampengrejo, Puskesmas Purwoasri, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Kepala Bagian Organisasi, Hari Wahyu Jatmiko mengatakan Pemkab akan terus melakukan evaluasi dan penilaian secara internal terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penyelenggara pelayanan publik.

“Ke depan, Pemkab akan terus melakukan evaluasi ke seluruh OPD penyelenggara pelayanan publik, termasuk kecamatan,” terang Hari pada Selasa, (21 Maret 2023).

Baca Juga: 7 Swalayan Murah di Kediri, Lengkap dan Banyak Diskon

2. Digitalisasi menjadi salah satu bagian penting dari penyelenggaraan pelayanan publik

Bupati Kediri Terima Penghargaan dari Ombudsman RI Bupati Kediri Terima Penghargaan dari Ombudsman RI. (Dok. Kediri)

Selain tujuh unit pelayanan yang dijadikan penilaian di tahun 2022, lanjut Hari, pada tahun 2023 akan ada 3 lokus OPD yang juga menjadi prioritas. 

Hari menambahkan, digitalisasi menjadi salah satu bagian penting dari penyelenggaraan pelayanan publik. Menurutnya, di era kemajuan teknologi digitalisasi ini sangat dibutuhkan dalam birokrasi dan pelayanan. 

“Di era saat ini, digitalisasi sangat dioptimalkan oleh Mas Dhito (sapaan akrab Bupati Hanindhito,” imbuhnya. 

3. Mas Dhito fokus pada sektor pelayanan publik

Bupati Kediri Terima Penghargaan dari Ombudsman RI Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berbicara dengan masyarakat. (Dok. Kediri)

Sebagaimana diketahui, sektor pelayanan publik memang menjadi fokus Mas Dhito. Pihaknya terus mengingatkan kepada OPD dalam setiap pertemuan agar melayani masyarakat secara prima dan sepenuh hati.

“Pemerintah itu melayani, bukan dilayani,” tegas Mas Dhito. (WEB)

Baca Juga: Fakta Persik Kediri Selalu Menang saat Pakai Jersey Putih

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya