SPAM Sudah Beroperasi, Ini Harapan Wali Kota Semarang 

SPAM Semarang Barat mulai diuji coba

Jakarta, IDN Times - Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Semarang Barat sebagai salah satu program strategis Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi diujicobakan pada 17 Mei 2021. Uji coba tersebut dilakukan jelang dimulainya COD (Commercial Operating Date) atau tanggal operasi komersial pada 22 Mei 2021 mendatang.

Menelan anggaran lebih dari satu triliun rupiah, Hendi, akrab disapa Wali Kota Semarang, berharap SPAM Semarang Barat dapat beroperasi maksimal untuk menambah ketersediaan air baku di wilayah Ibu Kota Jawa tengah. Ia menyampaikan hal itu di Balai Kota Semarang saat mengecek pelayanan pemerintah pasca libur lebaran, Senin (17/5).

1. SPAM Semarang Barat menjadi proyek percontohan dengan inovasi

SPAM Sudah Beroperasi, Ini Harapan Wali Kota Semarang Ilustrasi inovasi/caninnovate.com

Adapun SPAM Semarang Barat adalah salah satu proyek yang direalisasikan dengan inovasi pembiayaan di masa kepemimpinan Hendi sebagai Wali Kota Semarang. Menggunakan sistem KPBU (Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha), SPAM Semarang Barat pun kemudian menjadi proyek percontohan dengan inovasi skema pembiayaan non-APBD.

Hendi menyebut SPAM Semarang Barat menjadi salah satu proyek yang ditunggu oleh masyarakat. Sebab, beroperasinya sistem pengolahan air minum itu akan berdampak pada terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk sekitar 60.000 keluarga di Kota Semarang.

Baca Juga: 5 Warung Mi Ayam di Semarang yang Enak dan Lezat, Bikin Ketagihan!

2. SPAM dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Semarang

SPAM Sudah Beroperasi, Ini Harapan Wali Kota Semarang Ilustrasi masyarakat. (IDN Times/Aditya Pratama)

Hendi pun berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang, penyedia jasa, khususnya Bapak Presiden Jokowi, karena hari ini bisa dilakukan uji coba atau trial untuk SPAM Semarang Barat.

"Untuk COD-nya (Commercial Operating Date)  sendiri nanti pada 22 Mei 2021. Jadi alhamdulillah pekerjaannya tepat waktu, bahkan lebih cepat dari perkiraan, dan mudah-mudahan dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat Kota Semarang," imbuhnya.

3. Begini progres pengerjaan SPAM Semarang Barat

SPAM Sudah Beroperasi, Ini Harapan Wali Kota Semarang Ilustrasi Bekerja (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat ini sendiri proyek SPAM Semarang Barat memasuki minggu ke-104 dari waktu 105 minggu yang ditetapkan dalam pengerjaannya. Progres pengerjaan pada awal bulan ini pun mencapai 99.545 persen, lebih tinggi 0,287 persen dari rencana progres yang sebesar 99.258 persen.

Baca Juga: Lonjakan Covid-19 di Kota Semarang saat Lebaran Tak Terulang

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya