Hutama Karya Kenalkan Produk Unggulan UMKM Binaan di KTT ASEAN 2023

Hutama Karya kenalkan kain etnik kalsel dan kopi gambung

Labuan Bajo, IDN Times – Bertepatan dengan momentum KTT ASEAN 2023, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Binaan melalui agenda Rumah BUMN SME’s HUB. Kegiatan ini merupakan salah satu Rangkaian Side Event KTT Asean 2023 yang diadakan pada tanggal 09–13 Mei 2023 di Marina Waterfront Labuan Bajo, yang menargetkan kehadiran para tamu undangan dan delegasi dari berbagai negara ASEAN juga masyarakat umum.

Agenda SME’s HUB yang berlangsung selama lima hari ini mendapat perhatian dan kunjungan khusus dari Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam kesempatan ini, Erick Thohir berkesempatan langsung mengunjungi tenan UMKM Binaan milik Hutama Karya dan berbincang mengenai produk lokal etnik Indonesia, yaitu Kain Sasirangan dan Kopi Gambung. Pada kunjungannya tersebut, Erick menyampaikan apresiasi atas komitmen perusahaan dalam melestarikan warisan nusantara.

1. SME’s HUB merupakan salah satu bukti dukungan BUMN

Hutama Karya Kenalkan Produk Unggulan UMKM Binaan di KTT ASEAN 2023Hutama Karya Kenalkan Berbagai Produk Unggulan UMKM BINAAN di KTT ASEAN. (Dok. Hutama Karya)

Erick mengatakan bahwa SME’s HUB ini merupakan salah satu bukti dukungan BUMN untuk mendorong UMKM Go Global melalui pendampingan, pembiayaan, serta pembinaan langsung dari Rumah BUMN.

“UMKM merupakan ujung tombak dari pondasi Ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian BUMN dan kementerian juga lembaga lainnya bersinergi untuk fokus pada pembinaan, pasar (target market) dan pembiayaan. BUMN dengan bank himbara (Himpunan Bank Milik Negara) fokus pada pembiayaan. Ditambah lagi PNM Mekaar dengan 149.000 nasabah yang dibina di Flores juga terlibat,” ungkap Erick.

Lebih lanjut Erick mengungkap bahwa UMKM yang terlibat di SME's HUB saat ini tidak kalah saing dari produk komersial lainnya. “Bahkan ada UMKM kita yang sudah menembus pasar Eropa dan dipasarkan di Itali,"jelasnya.

Baca Juga: Lewat Program “HK MENGAJAR”, Hutama Karya Wujudkan Character Building

2. Agenda penting dalam memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Binaan milik Hutama Karya

Hutama Karya Kenalkan Produk Unggulan UMKM Binaan di KTT ASEAN 2023Hutama Karya Kenalkan Berbagai Produk Unggulan UMKM BINAAN di KTT ASEAN. (Dok. Hutama Karya)

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan momentum Side Event KTT ASEAN 2023 yaitu SME’s HUB merupakan salah satu agenda penting dalam memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Binaan milik Hutama Karya. 

“Pada kesempatan ini, Hutama Karya tentunya menyambut dengan baik dan telah mengirimkan dua mitra binaan unggulan, yaitu KINNI Store dan Maradeca Coffee pada kegiatan SME’s HUB tersebut. KINNI Store telah menjadi Mitra Binaan Hutama Karya sejak 2020 dan hingga saat ini, produk utama yang ditawarkan adalah Kain Sasirangan dan suvenir Sasirangan dengan bahan yang halus, nyaman, serta model yang kekinian,” ujar Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

“Produk KINNI Store sudah banyak dipesan dan digunakan oleh beberapa instansi pemerintah daerah sekitar. Sedangkan untuk Kopi Maradeca merupakan salah satu penghasil produk biji kopi berkualitas yang berasal dari hasil penanaman dan perawatan secara home industry. Hingga saat ini produk Kopi Maradeca telah dipasarkan melalui beberapa kafe kopi yang berada di sekitar Bandung, Jakarta, hingga Lampung,” tambah Tjahjo.

3. Hutama Karya akan terus berpartisipasi aktif

Hutama Karya Kenalkan Produk Unggulan UMKM Binaan di KTT ASEAN 2023Hutama Karya Kenalkan Berbagai Produk Unggulan UMKM BINAAN di KTT ASEAN. (Dok. Hutama Karya)

Lebih lanjut Tjahjo menyampaikan Hutama Karya akan terus berpartisipasi aktif dan terus mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang telah memberikan kesempatan kepada UMKM Binaan Hutama Karya untuk berpartisipasi dalam event BUMN SME’s HUB 2023 di Labuan Bajo.

“Melalui KTT ASEAN Summit 2023, Hutama Karya berharap berbagai produk unggulan milik Mitra Binaan Hutama Karya tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga kedepannya produk yang kami bina dan dampingi saat ini dapat terkenal sampai ke mancanegara,” tutup Tjahjo Purnomo EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Sebagai catatan SME’s HUB merupakan salah satu upaya Kementerian BUMN dalam memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Indonesia ke kancah dunia internasional. Kegiatan ini merupakan salah satu Side Event KTT ASEAN 2023 yang di gelar di Marina Waterfornt Labuan Bajo.

Baca Juga: Hutama Karya Ajak 50 UMK Rest Area Tol Belajar Digitalisasi Payment

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya