Produk Kerajinan Tangan Jabar Ramaikan Expo Dekranas

Puncak rangkaian acara memperingati HUT ke-44 Dekranas

Kota Bandung, IDN Times - Produk kerajinan tangan, fesyen, dan kuliner Jabar turut meramaikan Expo Dekranas 2024 di Puro Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024). 

Expo Dekranas 2024 merupakan menjadi puncak rangkaian acara memperingati HUT ke- 44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Pembukaan Expo Dekranas 2024 sendiri dilakukan di Hotel Alila, Solo, oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. 

1. Mendapatkan respons positif

Produk Kerajinan Tangan Jabar Ramaikan Expo Dekranasilustrasi penjual kerajinan tangan (unsplash.com/Lighten Up)

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Amanda Soemedi Bey Machmudin membawa produk-produk lokal Jabar tersebut ke arena expo dan mendapatkan respons positif dari pengunjung. 

Amanda senang dan bangga bisa berkumpul bersama para pelaku industri kreatif dan UMKM se-Indonesia, apalagi produk Jabar bisa dipamerkan dalam expo. 

"Tentunya bangga dan bahagia bisa menyaksikan secara langsung pelaku industri kreatif dan UMKM Jabar juga hadir di acara ini," ujar Amanda Soemedi. 

Baca Juga: Bey Keluarkan Aturan Khusus Izin Study Tour Siswa di Jawa Barat

2. Diapresiasi tinggi

Produk Kerajinan Tangan Jabar Ramaikan Expo Dekranaswww.ef.co.id

Menurutnya, rangkaian HUT Dekranas adalah momentum kebangkitan industri kreatif dan UMKM, khususnya dari Jawa Barat untuk lebih dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi hingga ke kancah internasional. 

"Ini menjadi momentum bagi kita untuk bangkit bersama, terus berkolaborasi membangun industri kreatif dan UMKM Jawa Barat semakin maju dan bersaing secara nasional dan global," katanya. 

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pelaku industri kreatif dan UMKM Jawa Barat yang terus maju dan berinovasi menghasilkan produk-produk unggulan," tambahnya. 

3. Semangat untuk mewujudkan semangat visi dan misi

Produk Kerajinan Tangan Jabar Ramaikan Expo Dekranasilustrasi pria sedang semangat kerja (freepik.com/jcomp)

Tema rangkaian HUT Dekranas tahun ini adalah "Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa”. Hal ini mencerminkan semangat untuk mewujudkan semangat visi dan misi Dekranas, khususnya kepengurusan masa bakti 2019-2024 dalam melestarikan produk budaya bangsa.

Dekranas sendiri dibentuk 3 Maret 1980 dan masih eksis hingga kini sampai ke tingkat kabupaten dan kota. Memeringati HUT Dekranas digelar rangkaian acara, yang puncaknya digelar 15 Mei.   

Expo Dekranas 2024 sendiri digelar empat hari diisi 257 stand produk kerajinan unggulan dari seluruh Indonesia. Selain itu ada acara hiburan musik dan bazaar UMKM lainnya. (WEB)

Baca Juga: GWM Resmikan Dealer 3S Pertamanya yang Berlokasi di Jakarta Barat

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya