Kemensos Gelar Pelatihan bagi Tim Teknis Pemprov dan Pemda 

Kemensos meningkatkan kualitas pengelolaan data terpadu 

Padang, IDN Times -- Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan jajarannya untuk membangun kredibilitas data kemiskinan tidak hanya bersandar pada sistem. Tidak kalah penting adalah memperkuat kompetensi dan profesionalisme petugas pengelola data.

Untuk keperluan itu, secara periodik Kementerian Sosial menyelenggarakan pelatihan bagi operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation (SIKS-NG). 

"Harapannya melalui pelatihan ini para peserta yang merupakan petugas atau operator pengelola DTKS dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengolah dan menyajikan data yang valid untuk instansi yang membutuhkan dalam upaya pengentasan angka kemiskinan," kata Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang, Hasim.

1. Harapannya peserta memahami kebijakan dan mekanisme pengelolaan DTKS

Kemensos Gelar Pelatihan bagi Tim Teknis Pemprov dan Pemda Kegiatan pelaksanaan Pelatihan Teknis SSIKS-NG Batch-11 digelar 22-25 Februari 2023 di Kampus II BBPPKS Padang, Kota Padang, Sumatera Barat. Peserta terdiri dari operator dari pemerintah daerah dan provinsi. (Dok. Kemensos)

Kegiatan pelaksanaan Pelatihan Teknis SSIKS-NG Batch-11 digelar 22-25 Februari 2023 di Kampus II BBPPKS Padang, Kota Padang, Sumatera Barat. Peserta terdiri dari operator dari pemerintah daerah dan provinsi.

Hasim menambahkan, melalui pelatihan ini diharapkan peserta memahami kebijakan dan mekanisme pengelolaan DTKS di Dinas Sosial menggunakan SIKS-NG. Selain itu, peserta berhasil kompeten dan terampil dalam penggunaan aplikasi SIKS-NG untuk pengelolaan DTKS.

Baca Juga: Cegah Kenakalan Remaja, Kemensos Edukasi Anak Sekolah Master Depok

2. Peserta diharapkan dapat menindaklanjuti hasil pelatihan

Kemensos Gelar Pelatihan bagi Tim Teknis Pemprov dan Pemda ilustrasi menyusun penelitian (pexels.com/Fauxels)

Tidak sampai di situ, peserta juga diharapkan bisa menindaklanjuti hasil pelatihan ketika kembali di tempat tugas masing-masing.

Dalam pelatihan ini, Kepala Bagian TU Pusdatin Kesos, Mardi Brilian Saleh, mewakili Kepala Pusdatin menyampaikan materi inti tentang Kebijakan/Regulasi terkait SIKS-NG dan Pengelolaan DTKS. 

3. Tak hanya dibekali teori tapi dilanjutkan demonstrasi dan praktik

Kemensos Gelar Pelatihan bagi Tim Teknis Pemprov dan Pemda Kegiatan pelaksanaan Pelatihan Teknis SSIKS-NG Batch-11 digelar 22-25 Februari 2023 di Kampus II BBPPKS Padang, Kota Padang, Sumatera Barat. Peserta terdiri dari operator dari pemerintah daerah dan provinsi. (Dok. Kemensos)

Peserta juga tidak hanya dibekali teori tapi dilanjutkan demonstrasi dan praktik oleh Tim Teknis Aplikasi SIKS-NG dari Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos).

Pelatihan diikuti 71 peserta yang berasal dari Dinas Sosial Provinsi/Kota/Kabupaten Riau, Kepulauan Riau dan Jambi. (WEB)

Baca Juga: BPK RI Apresiasi Kemensos atas Pengelolaan Anggaran 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya