Kembangkan BLK Maritim, Kemnaker Gandeng Pemerintah Australia  

Demi meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja

Medan, IDN Times - Kementerian Ketenagakerjaan menggandeng Pemerintah Austria dalam penyelenggaraan pelatihan vokasi dan pengembangan Balai Latihan  Kerja (BLK) Maritim. Hal itu dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing terutama di sektor kemaritiman.

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Budi Hartawan, menyampaikan hal itu dalam acara peletakan batu pertama (groundbreaking) kegiatan pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim, Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Medan melalui pembiayaan PHLN Austria yang dilakukan secara langsung maupun virtual, di BBPLK Medan, Rabu, (11/11/2020).

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Austria, atas komitmennya dalam membantu kegiatan pengembangan BLK Maritim di Indonesia,” kata Dirjen Budi Hartawan.

1. Pengembangan BLK mencakup 4 hal ini

Kembangkan BLK Maritim, Kemnaker Gandeng Pemerintah Australia  Dok. Kemnaker

Kegiatan pengembangan BLK Maritim (Development of Maritime Vocational Training Centers) merupakan kerja sama dengan Pemerintah Austria, yang berlokasi di 3 (tiga) Balai Latihan Kerja, yaitu BBPLK Medan, BBPLK Serang, dan BLK Makassar.

“Pembangunan BLK Maritim ini mencakup 4 hal, yaitu pekerjaan konstruksi, pengadaan peralatan tentunya dengan standar negara Austria, training of trainer dan pendampingan teknis untuk tahap implementasi terutama pada saat proses pelatihan para pencari kerja,” kata Dirjen Budi.

2. Kemnaker berharap kerja sama dengan dengan Australia bermanfaat bagi kedua negara

Kembangkan BLK Maritim, Kemnaker Gandeng Pemerintah Australia  Dok. Kemnaker

Budi Hartawan juga menaruh harapan besar agar BIT Media e-solution GmbH sebagai pelaksana proyek kegiatan pengembangan BLK Maritim dapat mengulang cerita sukses dan mampu menjadikan BBPLK Medan menjadi center of excellence untuk pengembangan dua kejuruan, yaitu Tourism Hospitality dan Joinery.

"Semoga implementasi kegiatan ini, bukan hanya di BBPLK Medan, melainkan juga di BBPLK Serang dan BLK Makassar dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti. Kami juga berharap dengan kegiatan ini, kerja sama Pemerintah Indonesia dan Austria, khususnya di bidang pelatihan vokasi, dapat semakin baik dan erat, serta memberikan manfaat yang besar kepada kedua negara," ujar Budi Hartawan.

3. Ini tekad BBPLK di daerah dengan adanya kerja sama Kemnaker dan Australia

Kembangkan BLK Maritim, Kemnaker Gandeng Pemerintah Australia  Dok. Kemnaker

Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali Hapsah menambahkan BBPLK Medan terus berkembang untuk menjadi salah satu BLK terbaik di wilayah Indonesia bagian barat. Banyak lulusan yang terserap dan diakui kualitasnya oleh industri. 

"Kami bertekad terus meningkatkan kualitas BBPLK Medan dalam mengembangkan potensi daerah melalui pariwisata, industri, maupun produk UMKM, persaingan dalam dunia ketenagakerjaan dan perubahan di era globalisasi saat ini harus menyesuaikan dengan selera pasar kerja," lanjut Muhammad.

Duta Besar Pemerintah Austria yang diwakili Konselor Komersial Sigmund Nemeti menyampaikan bahwa pemerintah Austria sejak 1990-an membantu pemerintah Indonesia dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia khususnya kapasitas vokasional ketenagakerjaan. 

"Pemerintah Austria sangat berterima kasih kembali diberi kepercayaan dalam program kerja sama vokasional training center maritim di Kota Medan ini," kata Sigmund. *Biro Humas Kemnaker* CSC

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya