Mas Dhito Terima Dukungan Persetujuan Substansi RDTR Banyakan-Grogol

Kawasan itu merupakan kawasan cepat tumbuh di Kediri

Kediri, IDN Times - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menerima secara langsung dokumen persetujuan substansi Rancangan Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Banyakan-Grogol dari Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Senin (13/3/2023).

Mas Dhito, sapaan Bupati Kediri itu, didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri Irwan Chandra menyebut kawasan Banyakan-Grogol merupakan salah satu kawasan cepat tumbuh di Kabupaten Kediri. Dengan adanya RDTR berbasis online single submission (OSS) diharapkan dapat lebih memberi kemudahan bagi para investor untuk berinvestasi di Kabupaten Kediri.

"Adanya RDTR ini menjadikan investasi di sebagian kawasan Banyakan dan Grogol terutama yang dekat dengan bandara sudah ada kepastian," katanya di Jakarta.

1. Wilayah ini masuk perencanaan kawasan perkotaan

Mas Dhito Terima Dukungan Persetujuan Substansi RDTR Banyakan-GrogolDirektur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Reny Windyawati (Dok. Kediri)

Wilayah perencanaan perkotaan Banyakan- Grogol seluas 5.520,35 hektar juga mengakomodasi pembangunan Bandara Kediri dan Jalan Tol Kertosono-Kediri. Hal ini mengacu amanat Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 dan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019.

Adapun wilayah yang masuk perencanaan kawasan perkotaan Banyakan-Grogol meliputi Desa Manyaran, Tiron, Jatirejo, Banyakan, Grogol, Cerme, Wonoasri, Sonorejo, Bakalan, Sendang, Maron, Ngablak dan Jabon.

"Nanti perizinan-perizinan skala besar lewat OSS tanpa KKPR (Kesesuaian Kegiatan Tata Ruang) otomatis terbit kalau sudah sesuai tata ruang, namun ketika tidak sesuai akan langsung ditolak oleh sistem," terangnya.

Baca Juga: Kabupaten Kediri Ganti Destination Branding Jadi ‘Kediri Berbudaya’

2. Diharapkan mewujudkan kawasan Banyakan-Grogol sebagai pintu gerbang Kediri Raya

Mas Dhito Terima Dukungan Persetujuan Substansi RDTR Banyakan-GrogolBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menerima secara langsung dokumen persetujuan substansi Rancangan Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Banyakan-Grogol dari Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Senin (13/3/2023). (Dok. Kediri)

Adanya RDTR yang telah mendapatkan persetujuan tersebut diharapkan mewujudkan kawasan Banyakan-Grogol sebagai pintu gerbang Kediri Raya dengan fungsi kawasan Perdagangan dan jasa berbasis agribisnis.

"Di Kabupaten Kediri, ke depan ada lima RDTR di mana setelah kawasan Banyakan-Grogol, tahun 2023 ini kita akan proses untuk kawasan Pare dan Ngadiluwih," bebernya.

3. Kawasan yang masuk persetujuan substansi RDTR diharapkan tidak mengalami perubahan

Mas Dhito Terima Dukungan Persetujuan Substansi RDTR Banyakan-GrogolBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menerima secara langsung dokumen persetujuan substansi Rancangan Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Banyakan-Grogol dari Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Senin (13/3/2023). (Dok. Kediri)

Sementara itu, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Reny Windyawati di hadapan para kepala daerah penerima dokumen persetujuan substansi menyebut kawasan yang telah masuk persetujuan substansi RDTR diharapkan tidak mengalami perubahan karena telah masuk ke dalam draf yang ada dalam sistem. Dengan demikian, bilamana ada perubahan secara otomatis tidak dapat masuk dalam sistem.

"Kami berharap untuk tidak berubah dari yang ada di persetujuan subtansi," pesannya. (WEB)

Baca Juga: Dukung UMKM, Pemkab Kediri Inisiasi Gerakan Bela Beli UMKM Kab Kediri

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya