Lewat Papua Youth Creative Hub, Pemerintah Membangun SDM Muda Papua 

Salah satu upaya pengembangan kualitas SDM Papua 

Jakarta, IDN Times – Tak bisa dimungkiri, stigma negatif pembangunan di Indonesia selama ini menyebutkan bahwa pembangunan hanya fokus dilakukan di daerah tertentu. Kini, perlahan stigma tersebut mulai hilang sejalan dengan adanya sejumlah program pembangunan yang dilakukan, mulai dari ujung barat hingga ujung timur Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak sekadar wacana semata, komitmen Pemerintah untuk pembangunan di semua bidang yang merata bagi masyarakat mulai terlihat secara nyata. 

Di Bumi Cendrawasih, kemajuannya mulai terlihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di sana. Dari sisi infrastruktur, peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua dilakukan Pemerintah dengan membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan akses serta konektivitas dari darat maupun multimoda. Papua saat ini telah memiliki jalan, jembatan, permukiman, dan sejumlah fasilitas umum yang tak kalah dengan fasilitas serupa di kota-kota besar lainnya.

1. Papua Youth Creative Hub menghimpun SDM muda berprestasi asal Papua dari berbagai lintas disiplin ilmu pengetahuan

Lewat Papua Youth Creative Hub, Pemerintah Membangun SDM Muda Papua Presiden Joko Widodo saat meninjau rancang bangunan Pusat Pengembangan Pemuda Papua di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua. (Foto: Indonesia.go.id)

Salah satu contohnya Stadion Utama Papua Bangkit yang menjadi venue utama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 silam. Pasca PON XX, Stadion tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk berolahraga. Di samping itu, keberhasilan Papua sebagai tuan rumah pergelaran tersebut membuka mata seluruh dunia bahwa Papua saat ini semakin berkembang dengan infrastruktur yang andal. 

Di sisi lain, pembangunan di Papua disertai pula dengan Pemerataan dan peningkatan kualitas dari sumber daya manusianya. Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki urgensi yang patut untuk diperjuangkan. Mengingat kemampuan ini akan berdampak baik bagi  masyarakat di Papua, terutama terhadap pengelolaan Sumber Daya Alamnya.

Implikasinya adalah pemanfaatan sumber daya alam yang tepat tersebut akan mampu ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua secara keseluruhan. Di sisi lain, seorang anak negeri yang memiliki SDM lebih baik maka akan bisa menyebarkan dan mengajarkannya lebih luas lagi. Supaya banyak orang yang merasakan jika SDM ini juga sangat penting. 

Salah satu upaya Pengembangkan kualitas SDM Papua khususnya kalangan anak muda, melalui Papua Youth Creative Hub. Secara garis besar, Papua Youth Creative Hub merupakan pusat pengembangan talenta-talenta muda yang diproyeksikan akan menjadi wadah untuk menghimpun SDM muda berprestasi dari berbagai lintas disiplin ilmu pengetahuan asal Papua.

Baca Juga: Lewat Infrastruktur ICT, Kominfo Berupaya Hubungkan yang Tak Terhubung

2. Papua Youth Creative Hub akan menjadi motor penggerak sekaligus pusat pengembangan SDM talenta muda di Papua

Lewat Papua Youth Creative Hub, Pemerintah Membangun SDM Muda Papua Presiden RI Lakukan Groundbreaking (Peletakan Batu Pertama) Papua Youth Creative Hub Jayapura. (Foto: tribratanews.papua.polri.go.id)

Papua Youth Creative Hub ini juga diharapkan bisa berkontribusi secara lebih luas dalam menurunkan angka pengangguran serta kemiskinan. Papua Youth Creative Hub berlokasi di Jalan Poros, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Papua Youth Creative Hub ini masih dalam proses pembangunan di atas lahan seluas 15 ribu meter persegi, dengan luas bangunan utama sebesar 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang seluas 1.812 meter persegi, berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat Kota  Jayapura.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo berharap nantinya Papua Youth Creative Hub akan menjadi motor penggerak sekaligus pusat pengembangan SDM talenta muda di Papua. "Saya yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan. Itu lah tugas kita baik di Papua maupun Papua Barat.

Banyak bibit-bibit unggul maupun talenta-talenta yang sangat baik di bidang sains, seni budaya, maupun di bidang olahraga dan ini menjadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen yang baik, manajemen talenta yang baik, yang tertata," ucap Jokowi saat melakukan groundbreaking Papua Youth Creative Hub di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu, 2 Oktober 2022 lalu.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi meyakini anak muda Papua banyak menyimpan potensi untuk berkembang. Menurutnya, banyak bibit unggul maupun talenta Papua yang sangat baik di berbagai bidang. Papua Youth Creative Hub nantinya akan mewadahi berbagai talenta seperti petani-petani milenial, ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi. Presiden meyakini, masa depan Papua dan masa depan Indonesia ada di Papua Youth Creative Hub.

3. Papua Youth Creative Hub menyalurkan bakat-bakatnya demi kemajuan Indonesia

Lewat Papua Youth Creative Hub, Pemerintah Membangun SDM Muda Papua Ilustrasi siswa memiliki kemampuan menulis (pixabay.com/StockSnap)

Adapun sejumlah fasilitas yang direncanakan dibangun di Papua Youth Creative Hub antara lain co-working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, serta asrama dan fasilitas olahraga. Dengan banyaknya fasilitas ini diharapkan bisa menjadi “alat” untuk mengasah potensi generasi muda di Papua sehingga bisa menyalurkan bakat-bakatnya demi kemajuan Indonesia. 

Dengan dibangunnya Papua Youth Creative Hub ini diharapkan bisa menjadi motor penggerak dan pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua sekaligus menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada, sehingga bisa mengasah bakat bakatnya untuk mengembangkan dirinya di kancah nasional maupun internasional. (WEB)

Baca Juga: Demi Generasi Bebas Stunting, Kominfo Ajak Penuhi Nutrisi Sejak Dini

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya