AMSI Luncurkan Panduan E-Learning Kelola Media Siber

Peluncuran dilakukan secara hybrid

Jakarta, IDN Times - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) merilis microsite e-learning Media for Sustainability atau pembelajaran secara daring manajemen dan pengelolaan untuk keberlanjutan media siber, Jumat (19/5/2023) kemarin.

Peluncuran berlangsung secara hybrid di Kensington Ballrom, Hotel Ashley Wahid Hasyim dan diikuti oleh anggota AMSI di 27 wilayah di Indonesia melalui platform Zoom.

E-learning yang diproduksi atas dukungan Internews dan USAID Media ini dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan pemimpin dan pengelola media lokal agar bisa adaptif dan terus bertumbuh di tengah gelombang revolusi digital.

Baca Juga: Huawei-AMSI Kerja Sama Tingkatkan Kecakapan Digital Media Siber di RI

1. E-learning menjadi salah satu alat untuk menjawab masalah yang dihadapi media

AMSI Luncurkan Panduan E-Learning Kelola Media SiberE-learning menjadi alat untuk menjawab masalah media (dok. AMSI)

Menurut Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, e-learning adalah salah satu dari banyaknya alat program besar AMSI bersama USAID dan Internews untuk menjawab tantangan dan masalah yang saat ini dihadapi oleh perusahaan media.

"Dunia jalannya cepat sekali dan mereka tidak menunggu kita berdiskusi dulu mengenai strategi konten, harus jalan terus. Kita tidak pernah membayangkan ada ribuan orang yang live di Tiktok, berjualan di Tiktok, sekarang brand bisa menjual barangnya di platform dan itu live," kata Wenseslaus dalam siaran resminya yang diterima IDN Times, Sabtu (21/5/2023).

Pria yang disapa Wens ini menambahkan, AMSI sangat rajin memperbarui perkembangan perubahan teknologi, platform, tren pembaca, dan tren brand dalam beriklan.

Tujuannya agar media-media di Indonesia bisa terus adaptif dengan perubahan-perubahan tersebut tetapi tetap mengutamakan kualitas konten.

"Itu (e-learning) adalah hasil mapping kita mengenai masalah yang sedang kita hadapi," ujar dia.

Baca Juga: Yayasan TIFA Temukan Kasus Kekerasan Jurnalis Meningkat Tiap Tahun

2. Diapresiasi Dewan Pers

AMSI Luncurkan Panduan E-Learning Kelola Media SiberDewan Pers memberi apresiasi kepada AMSI (dok. AMSI)

Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers, Arif Zulkifli, yang membuka peresmian e-learning tersebut mengatakan, AMSI selalu aktif dalam menjawab persoalan-persoalan media dan dunia digital.

Termasuk dalam penyusunan draf Publisher Rights, sebuah regulasi penting untuk mendudukan platform dengan publisher secara lebih proporsional.

“Dewan Pers sangat mengapresiasi baik langkah dan upaya aktif pengurus AMSI yang selama ini sangat aktif melibatkan diri dengan Dewan Pers. AMSI memiliki posisi yang sangat strategis dalam soal-soal media digital,” jelas Arif Zulkifli.

Pada kesempatan yang sama, Chief of Party Internews Indonesia, Eric Sasono, juga menyambut gagasan e-learning ini.

"Pertama kali saya melihat proyek media ini, saya sedikit terkejut ada elemen bisnis media di dalamnya. Ini sesuatu yang relatif baru di USAID. Ternyata memang ada alasan kuat mengapa dana publik ini perlu digunakan untuk membantu bisnis media, karena media bekerja untuk menyuarakan kepentingan publik," kata Eric. 

Baca Juga: Jangan Percaya Hoax, Harus Cerdas Menjadi Mahasiswa di Era Digital

3. Ada 8 topik pembelajaran

AMSI Luncurkan Panduan E-Learning Kelola Media SiberAda 8 topik pembelajaran pada e-learning (dok. AMSI)

Direktur Eksekutif AMSI yang juga penanggungjawab program e-learning, Adi Prasetya, memaparkan bahwa e-learning tersebut dibuat dengan 8 topik pembelajaran.

Topik tersebut meliputi lanskap media dan tantangan ekosistem, pengembangan konten dan tim redaksi yang tangguh, pengembangan distribusi konten, pengembangan sumber revenue atau pemasaran iklan, pengelolaan sumber daya manusia dan organisasi perusahaan media, membangun brand dan merk media, dan optimalisasi IT untuk meningkatkan revenue dan trafik.

Selama ini, AMSI sudah 3 tahun bekerjasama dengan USAID dan Internews menggarap program independensi, kompetensi pemillik media, dan keberlanjutan bisnis media digital di Indonesia.

Adapun e-learning tersebut secara lengkap dapat dibaca dan diunduh di alamat https://elearning.amsi.or.id/.

Baca Juga: AJI Catat Kekerasan pada Jurnalis Meningkat, Polri Siap Kawal Kasus

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya