Pesparani Katolik 2023 Digelar Mulai Hari Ini di Ancol

Pesparani yaitu pesta paduan suara gerejani

Jakarta, IDN Times - Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik tingkat nasional kembali diadakan mulai hari ini, Jumat (27/10/2023) hingga 1 November 2023 mendatang di Ancol, Jakarta Utara.

Pesparani III ini digelar atas kolaborasi Ditjen Bimas Katolik dengan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN).

"Pesparani Nasional III mengangkat tema "Kebersamaan dalam Keberagaman". Tema ini menggambarkan Pesparani sebagai pesta persaudaraan, keharmonisan, persatuan dan kesatuan, kerja sama, solidaritas, serta semangat pengorbanan dari umat Katolik," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Bimas Katolik, A.M. Adiyarto Sumardjono, dalam siaran resminya.

Baca Juga: Romo Katolik Lulus dengan Predikat Memuaskan dari UIN Sunan Kalijaga

1. Seni budaya masyarakat Katolik

Pesparani Katolik 2023 Digelar Mulai Hari Ini di AncolIDN Times/Fitria Madia

Sebagai informasi, Pesparani Katolik adalah aktivitas seni budaya masyarakat Katolik dalam bentuk pagelaran dan lomba musik liturgi dan nyanyian.

Tujuan diadakannya acara ini ialah untuk mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan masyarakat Katolik terhadap ibadah gerejani.

2. Wadah untuk memperkuat toleransi

Pesparani Katolik 2023 Digelar Mulai Hari Ini di AncolIDN Times/Sunariyah

Tema Pesparani kali ini menurut pria yang akrab disapa Toto ini, dipilih untuk mengajak seluruh umat Katolik agar melihat Pesparani sebagai wadah mewujudkan rasa cinta Tanah Air dan memperkuat toleransi serta moderasi beragama lewat seni dan budaya.

"Pesparani menyuarakan kebinekaan untuk memperkokoh persatuan dan perdamaian," lanjut Toto.

3. Belasan cabang dilombakan

Pesparani Katolik 2023 Digelar Mulai Hari Ini di AncolUmat Katolik di Banda Aceh menggelar Misa Natal di Gereja Katolik Hati Kudus (IDN Times/Saifullah)

Totalnya ada 13 cabang yang diperlombakan dalam Pesparani Nasional III. Semua cabang terbagi dalam empat kategori, yaitu paduan suara, menyanyikan Mazmur, cerdas cermat rohani, serta tutur Kitab Suci.

"Pesparani akan diikuti kontingen dari 38 provinsi yang terdiri dari peserta lomba, dirigen, pelatih, organis, dan ofisial. Setiap kontingen mengirimkan maksimal 250 orang,” pungkas Toto.

Baca Juga: 15 Lagu Rohani Katolik untuk Temani Rosario Dalam Rangka Bulan Maria

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya