Rayakan Idul Fitri Duluan, Jemaah Muhammadiyah Sebut Tak Terasa Beda

Suasana Lebarannya masih terasa kental

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menetapkan Idul Fitri jatuh pada Sabtu (22/4/2023) besok. Penetapan tersebut dipastikan lewat sidang Isbat dan pemantauan hilal di 123 titik se-Indonesia.

Sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 H pada Jumat (21/4/2023). Dengan begitu, artinya ada masyarakat yang merayakan Idul Fitri hari ini dan besok.

Baca Juga: Sempat Hujan Deras, Warga Muhammadiyah Bekasi Tetap Antusias Salat Id

1. Suasana Lebaran masih terasa kental

Rayakan Idul Fitri Duluan, Jemaah Muhammadiyah Sebut Tak Terasa BedaSuasana bubaran salat Ied jemaah Muhammadiyah (IDN Times/Fadhliansyah)

Meski tidak berbarengan, salah seorang jemaah Muhammadiyah mengatakan, perbedaan Lebaran dengan pemerintah tahun ini tidak mengurangi senangnya ber-Lebaran.

“Karena bedanya cuma satu hari, menurut saya gak terlalu terasa ya. Suasana Lebaran-nya masih sangat terasa, karena salat Id hari ini ramai (jemaahnya), dan besok juga pasti ramai,” kata Praditya saat ditemui IDN Times di area Masjid Al-Munawwarah, Witana Harja, Tangerang Selatan, Jumat.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1444 H 23 Maret, Lebaran 21 April

2. Kunjungan ke rumah kerabat

Rayakan Idul Fitri Duluan, Jemaah Muhammadiyah Sebut Tak Terasa BedaJemaah Muhammadiyah memenuhi area masjid Al-Munawwarah di Tangsel (IDN Times/Fadhliansyah)

Pria ini menambahkan, perbedaan yang paling terasa menurut dia adalah saat berkunjung ke rumah saudara atau kerabat yang berbeda waktu Lebaran-nya.

“Beberapa saudara dan kerabat saya ada yang merayakan Lebaran besok, jadi saya harus membagi waktu berkunjung (ke rumah saudara) menjadi dua hari. Hari ini dan besok, tapi serunya bisa jadi coba ketupat di beberapa tempat,” lanjut dia sambil tersenyum.

Baca Juga: Salat Id, Jemaah Muhammadiyah Padati Kawasan Masjid Al-Kohinoor Depok

3. Salat Id di Tangerang Selatan ramai hari ini

Rayakan Idul Fitri Duluan, Jemaah Muhammadiyah Sebut Tak Terasa BedaSaking penuhnya, jemaah melaksanakan salat Ied di taman dekat masjid (IDN Times/Fadhliansyah)

Jemaah Muhammadiyah di wilayah Tangerang Selatan pagi ini memenuhi masjid Al-Munawwarah yang berlokasi di Witana Harja, Tangerang Selatan.

Meski sempat diguyur hujan ringan sejak pagi, ratusan jemaah terlihat tetap meramaikan area indoor dan outdoor masjid Al-Munawwarah, diiringi takbir yang terus bergema.

Dari pantauan IDN Times di lokasi, hingga pukul 06.45 WIB para jemaah masih terus berdatangan dan terlihat memenuhi area sekitar masjid. Salat pun mulai dilaksanakan sekitar pukul 07.00 WIB.

Baca Juga: Jemaah Salat Id Padati Halaman Parkir Gedung Dakwah Muhammadiyah

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya