Soal Reshuffle, Menkominfo Johnny Plate Siap Terima Keputusan Jokowi

NasDem akan terus mengawal Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sekaligus Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Johnny G Plate, merespons isu reshuffle atau perombakan kabinet. Menurut dia, reshuffle kabinet sepenuhnya merupakan kewenangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Saya tentu tidak bisa mengandai-andai menteri mana, kapan akan dilakukan reshuffle oleh Presiden, karena itu ada pada hak Presiden," kata Plate di Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023).

Baca Juga: PDIP Ungkap Sudah Beri Masukan ke Jokowi soal Reshuffle Kabinet

1. Semua keputusan Presiden sudah dipikirkan dengan baik

Soal Reshuffle, Menkominfo Johnny Plate Siap Terima Keputusan JokowiMenkominfo Johnny G Plate saat ditemui di rumah dinasnya di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/9/2022). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ia juga menambahkan, reshuffle kabinet bisa terjadi kapan saja dan kepada semua anggota kabinet dari unsur partai apapun, dan juga dari unsur nonpartai. Terlebih, menurutnya, setiap keputusan yang dibuat oleh Presiden pasti sudah dipikirkan dengan baik.

"Ya, kalau Bapak Presiden ini kan bukan baru pertama kali jadi presiden ya, sudah sekian lama, sudah 2 periode dan beberapa kali melakukan reshuffle kabinet pasti setiap kebijakan-kebijakan penting terkait dengan kewenangannya itu sudah dipertimbangkan, dipikirkan dengan baik," sambung Plate.

2. Siap menerima keputusan dari Presiden Jokowi

Soal Reshuffle, Menkominfo Johnny Plate Siap Terima Keputusan JokowiMenteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate di Kementerian Kominfo, Selasa (18/10/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Plate sendiri mengaku sudah siap untuk menerima apapun keputusan dari Presiden nantinya terkait soal reshuffle kabinet.

"Sebagaimana sering disampaikan ini adalah amanah dan kepercayaan, maka tentu selalu siap juga pada saat mengakhiri jabatan sesuai dengan amanah yang sudah dilaksanakan. Tapi yang harus selalu diingat ini bukan soal 1-2 partai, ini soal kinerja kabinet yang dinilai oleh Presiden," sambung dia.

3. NasDem akan terus mengawal Presiden Jokowi

Soal Reshuffle, Menkominfo Johnny Plate Siap Terima Keputusan JokowiPresiden Joko “Jokowi” Widodo beri arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Kemudian Plate melanjutkan, Partai NasDem akan konsisten dalam memberikan dukungan dalam masa pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

"Komitmen politik partai NasDem sebagaimana yang telah disampaikan oleh ketua umum akan terus mengawal sampai selesainya masa tugas jabatan Presiden. Sekali lagi ya, Partai NasDem sangat konsisten untuk memberikan dukungan. Ketua umum NasDem menyampaikan bahwa untuk periode 2024-2029 akan teguh menjaga konsistensi pembangunan nasional yang sudah dirintis oleh kabinet saat ini," kata Plate.

Baca Juga: Ngabalin: Reshuffle Mungkin Januari Ini

Topik:

  • Sunariyah
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya