437 Petugas Haji Berangkat ke Arab Saudi, Siap Layani Jemaah!

Akan ada 241 ribu jemaah pada musim haji tahun ini

Intinya Sih...

  • 437 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi berangkat ke Arab Saudi
  • PPIH akan ditempatkan di Daerah Kerja (Daker) Bandara, Daker Madinah, dan Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah
  • Terdapat 241 ribu jemaah yang berangkat haji tahun ini, jumlah terbesar sejak Indonesia mengirim jemaah haji ke Arab Saudi

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 437 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi berangkat ke Arab Saudi, Rabu (8/5/2024). Mereka merupakan petugas yang nantinya akan ditempatkan di Daerah Kerja (Daker) Bandara, Daker Madinah, dan Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah.

Mereka terdiri dari 240 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Madinah, 84 petugas haji Daker Bandara, lima petugas pada Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, serta 108 tenaga kesehatan.

Baca Juga: 109 Jemaah Haji Asal Tanah Air Diangkut Garuda Indonesia

1. Petugas diminta kompak

437 Petugas Haji Berangkat ke Arab Saudi, Siap Layani Jemaah!Pelepasan PPIH Arab Saudi Daker Madinah dan Bandara, Rabu (8/5/2024). Dokumentasi Media Center Haji

Keberangkatan PPIH gelombang pertama ini dilepas Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Faisal Ali Hasyim. Faisal didampingi oleh beberapa pejabat Kemenag seperti Koordinator Staf Khusus Menteri Agama Adung Abdurrahman, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat, Tenaga Ahli Menteri Agama Syaltout, serta Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Akhmad Fauzin. Adapun PPIH gelombang dua untuk Daker Makkah akan berangkat pada tanggal 18 Mei mendatang. 

Kepada para petugas, Faisal meminta para untuk kompak demi meningkatkan kepuasan jemaah haji. "Tidak ada kesuksesan tanpa kekompakan. Kepuasan jemaah haji harus meningkat," ujar Faisal. Faisal juga berharap, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini lebih baik dari sebelumnya. "Semua itu bisa dicapai dengan persahabatan yang dibangun antar petugas," ucapnya.

2. Petugas akan layani 241 ribu jemaah

437 Petugas Haji Berangkat ke Arab Saudi, Siap Layani Jemaah!Pelepasan PPIH Arab Saudi Daker Madinah dan Bandara, Rabu (8/5/2024). Dokumentasi Media Center Haji

Ia yakin target itu bisa dicapai karena PPIH telah dibekali bimbingan teknis agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. "Ikuti SOP, patuhi instruktur atau koordinator untuk seluruh tugas-tugas yang akan dilakukan," tuturnya.

Wajar jika Faisal mewanti-wanti para petugas untuk lebih sigap. Maklum tahun ini ada 241 ribu jemaah yang berangkat. Ini adalah jumlah terbesar sejak Indonesia mengirim jemaah haji ke Arab Saudi. Jumlah itu terdiri dari 221 ribu jemaah kuota awal ditambah kuota tambahan sebesar 20 ribu orang. 

Baca Juga: Terbang Perdana 12 Mei, Jemaah Haji 2024 Asal Lampung Dibagi 19 Kloter

3. Ada 554 kloter yang akan berangkat

437 Petugas Haji Berangkat ke Arab Saudi, Siap Layani Jemaah!Pelepasan PPIH Arab Saudi Daker Madinah dan Bandara, Rabu (8/5/2024). Dokumentasi Media Center Haji

Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri, Saiful Mujab sebelumnya mengatakan, jemaah dibagi dalam 554 Kloter. Mereka akan diberangkatkan dari 13 Bandara yang berasal dari 14 Embarkasi. Kloter pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan akan berangkat ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024.

"Kami berupaya melakukan yang terbaik untuk melayani tamu Allah, terlebih melayani jamaah lanjut usia," tandas Saiful.

Baca Juga: Siap-Siap! Jemaah Haji Kloter 1 Berangkat ke Tanah Suci 12 Mei 2024

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya