Kisah Serda ED Pandu yang Kerap Tinggalkan Istri Demi KRI Nanggala 402

Serda ED Pandu baru menikah dua bulan

Banyuwangi, IDN Times - Serda ED Pandu Yuda Kusuma yang bertugas sebagai operator torpedo kapal selam KRI Nanggala 402, turut menjadi korban tenggelamnya kapal selam buatan Jerman itu di perairan utara Bali pada Rabu, 21 April 2021.

Keluarga tak mengira, Serda Pandu yang baru menikah dua bulan lalu akan menjadi korban tragedi ini. Keluarga terpukul saat pertama kali mendengar kabar duka ini.

Baca Juga: Mengenal Letkol Heri, Komandan KRI Nanggala-402 yang Dikenal Penyabar

1. Tangis keluarga pecah saat mengetahui KRI Nanggala 402 tenggelam

Kisah Serda ED Pandu yang Kerap Tinggalkan Istri Demi KRI Nanggala 402

Ditemui di rumahnya di Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Peltu Wahyudi, mertua Serda Pandu menceritakan bagaimana awalnya ia dan keluarga menerima kabar duka ini. Tangis keluarga pecah, apalagi saat tahu kapal selam terbelah menjadi tiga bagian. 

"Istrinya Pandu saat itu telepon saya, di Lanal disuruh lihat video kondisi kapal. Kapal itu sudah pecah jadi tiga bagian, cerita nangis, ya dinyatakan gugur semua. Saya bilang, ya gimana ketentuan Yang Mahakuasa," ujar Peltu Wahyudi, Minggu, 25 April 2021 malam.

2. Serda Pandu baru menikah dua bulan

Kisah Serda ED Pandu yang Kerap Tinggalkan Istri Demi KRI Nanggala 402Kapal Selam KRI Nanggala-402 saat melakukan sailing pass di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur pada 25 September 2014. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Sementara, ditemui terpisah, ibu mertua Serda Pandu, Yayak Dwi Ernawati mengatakan, Serda Pandu baru menikah dengan Mega Dian Pratiwi dua bulan yang lalu. Bahkan, setelah tiga hari menikah, Pandu sudah harus berangkat lagi bertugas ke Surabaya untuk mengikuti latihan bersama KRI Nanggala-402.

"Setiap ada giat selalu kontak semua keluarga. Saya walaupun mertua, kita tidak punya jeda, tetap ini anak saya, jadi kedekatan kami dekat,” kata Dwi.

"Tidak lama dia bertemu posisi habis dilamar juga ditinggal latih 10 hari. (Habis) menikah, tiga hari ditinggal ke Surabaya, menikahnya belum sampai dua bulan," imbuh Dwi.

3. Pandu adalah petugas operator torpedo KRI Nanggala 402

Kisah Serda ED Pandu yang Kerap Tinggalkan Istri Demi KRI Nanggala 402Kapal Selam KRI Nanggala-402. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Pelda Pandu merupakan awak KRI Nanggala yang bertugas di operator peluncuran terpedo. Dia mengenang sosok Pandu sebagai prajurit TNI yang bertanggung-jawab kepada keluarga. Pandu juga terus rutin memberi kabar.

"Pandu pribadi yang baik, tanggung jawab sama keluarga. Dia tulang punggung keluarga, Pandu anak pertama, Mega anak pertama," ujar Dwi.

Perlu diketahui, TNI AL mengumumkan kapal selam KRI Nanggala 402 telah tenggelam di kedalaman sekitar 830 meter dan pecah menjadi tiga bagian.

Seluruh kru KRI Nanggala yang berjumlah 53 prajurit TNI AL juga dinyatakan gugur sejak hilang kontak jelang latihan peluncuran terpedo di perairan utara Bali, Rabu, 21 April 2021.

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Baru Dua Bulan Menikah, Pandu Pamit Bersama KRI Nanggala-402

Baca Juga: Pesan Terakhir Serda Guntur Jelang Bertugas di KRI Nanggala-402

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya