Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin Cantik

Terima kasih, Pak Ahok!

Jakarta di bawah pemerintahan Gubernur Ahok sedang berbenah. Banyak proyek pembangunan yang sedang digarap untuk mempercantik dan menambah kenyamanan warganya. Ada pro dan kontra yang terus mengalir dari pelaksanaan pembangunan tersebut. Pro dan kontra ini sering menghiasi pemberitaan media. Sebenarnya, pembangunan apa saja sih yang sudah atau sedang dilaksanakan di Jakarta?

1. Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus - Bundaran HI

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: jakartamrt.com

Pembangunan proyek MRT sempat tertunda. Kini proyek tersebut dilaksanakan dengan segera oleh PT MRT. Pengerjaannya memakan lahan jalan dari Senayan hingga Bundaran HI. Meskipun kini ruas jalan terpotong, tapi ketika MRT telah beroperasi maka banyak masyarakat yang akan dimudahkan. Jalanan bisa jadi lumayan lengang, karena MRT beroperasi di bawah tanah. 

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: www.jakartamrt.com

2. Light Rail Transit (LRT) Bogor - Jakarta - Bekasi

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: infonitas.com

Pemerintah Jakarta yang dipimpin Ahok merencanakan untuk menyelesaikan sembilan koridor LRT dalam waktu tiga tahun ke depan. Tujuh koridor diantaranya dibangun untuk menghubungkan berbagai area di Jakarta, sedangkan dua lainnya diperuntukan sebagai LRT pemerintah pusat. Pengerjaannya melibatkan PT Adhi Karya, Kementrian Perhubungan, PT Jakarta Propertindo, PT KCJ, dan LKPP.

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSUmber Gambar: media.bareksa.com

3. Jalan Layang Khusus TransJakarta 

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: cdnimage.terbitsport.com

Kini TransJakarta akan dibuat lajur jalan layang. Arahnya untuk projek awal ini bermula dari Ciledug sampai Tendean di kawasan Mampang. Ini bakalan jadi moda transportasi yang unik untuk keliling Jakarta, dari dalam bus di ketinggian beberapa meter atas tanah. Diperkirakan proyek ini selesai di tahun 2016.

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: cdn-2.tstatic.net

4. Rusunawa Jatinegara

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: cdn.tmpo.co

Pemukiman kumuh Kampung Pulo pinggir Sungai Ciliwung telah lama sekali didiamkan dan membuat kondisi parah bagi lingkungan di sekitarnya. Misalnya tanah bantaran yang harusnya jadi resapan air, malah didiami rumah-rumah penduduk. Karena itu, Ahok memutuskan untuk membongkar dan mengungsikan para penduduk ke rumah susun warga atau Rusunawa Jatinegara. 

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: media.viva.co.id

Kini, sungai Ciliwung sedang mengalami normalisasi. Normalisasi itu berguna sebagai pencegahan terhadap banjir, serta digunakan agar tanah di sekitar sungai menjadi stabil.

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: media.viva.co.id

5. Waduk Ria Rio Kini Bersih

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net

Waduk Ria Rio yang sempat menjadi sumber berita keributan kini telah bertransformasi. Transformasi itu pun mengundang decak kagum dari berbagai elemen warga di Jakarta. Bagaimana tidak, permukaan air yang sebelumnya dipenuhi eceng gondok dan sampah. Kini telah disulap menjadi bening dan mampu memantulkan cahaya senja matahari.  

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: fbcdn-sphotos-e-a.akamaihd.net
Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: idntimes.com/FajarNurmanto
Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: scontent-hkg3-1.xx.fbcdn.net

Beragam perbincangan yang beredar di media sosial hari ini terkait kondisi waduk. Banyak pemilik akun menyatakan dirinya puas dengan kondisi perbaikan yang dilakukan gubernur.

Apalagi dengan penambahan simbol berupa Pohon Baobab yang didatangkan khusus dari Afrika. Pohon Baobab adalah pohon keabadian yang menjadi simbol kehidupan.

Karena Proyek Pembangunan Ini, Jakarta Kini Jadi Makin CantikSumber Gambar: scontent-hkg3-1.xx.fbcdn.net

Jakarta kini telah berbenah diri menuju perbaikan dan penataan lingkungan yang lebih baik. Memang belum terasa secara langsung bagi seluruh warganya karena prosesnya yang berjalan tahap demi tahap. Namun sebenarnya perbaikan dan penataan itu bisa berjalan lebih cepat, asal seluruh warganya mau berpartisipasi aktif membantu pemerintah. Mari bergerak untuk Jakarta yang lebih baik!

Topik:

Berita Terkini Lainnya