Kumpulan Doa untuk Keluarga, Supaya Bahagia Dunia dan Akhirat

Berdoa sebagai cara komunikasi dengan Allah SWT

Jakarta, IDN Times – Setiap manusia pasti mengharapkan kehidupan yang bahagia, baik untuk diri sendiri juga bersama keluarga. Untuk mewujudkannya, tentu diperlukan proses panjang penuh pelajaran berharga.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencapai keluarga yang bahagia adalah dengan menjaga komunikasi dan saling menghargai. Selain itu, berdoa kepada Allah SWT juga mampu mempermudah kita mendapatkan kebahagiaan bagi keluarga.

Berikut ini beberapa doa yang dapat dibaca untuk mendapatkan kebahagiaan keluarga baik di dunia maupun di akhirat:

1. Bacaan doa agar keluarga diberi kelancaran rezeki

Kumpulan Doa untuk Keluarga, Supaya Bahagia Dunia dan AkhiratIlustrasi umat Islam sedang berdoa. (Freepik.com)

Tak dapat dipungkiri bahwa menjalani rumah tangga dan membangun keluarga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain usaha dan kerja keras, berdoa kepada Allah SWT agar keluarga diberi kelancaran rezeki juga harus dilakukan, dengan membaca doa berikut:

اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ - ١١٤

Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin

Artinya: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.” (QS. Al-Ma’idah: 114)

Baca Juga: Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

2. Doa memohon kehidupan keluarga yang harmonis

Kumpulan Doa untuk Keluarga, Supaya Bahagia Dunia dan Akhiratilustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Kehidupan keluarga yang bahagia beriringan dengan rumah tangga yang harmonis. Selain itu, rahmat dari Allah SWT juga senantiasa diperlukan untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

Kutipan ayat berikut dapat dibaca sebagai doa memohon kehidupan keluarga yang harmonis:

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا - ١٠

Iż awal-fityatu ilal-kahfi fa qālụ rabbanā ātinā mil ladungka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā

Artinya: "(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. Al-Kahfii: 10)

3. Doa memohon ketaqwaan bagi anggota keluarga

Kumpulan Doa untuk Keluarga, Supaya Bahagia Dunia dan Akhiratilustrasi perempuan sedang berdoa (pexels.com/Thirdman)

Keluarga bahagia dunia akhirat dapat diwujudkan dengan berbagai cara, termasuk senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Untuk memohon agar anggota keluarga kita mampu menjadi orang-orang yang bertaqwa, dianjurkan membaca doa berikut:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا - ٧٤

Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a'yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkan lah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikan lah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertaqwa." - (QS. Al-Furqan: 74)

Baca Juga: 4 Doa Pembuka Aura Wajah yang Dapat Diamalkan

4. Bacaan doa permohonan agar keluarga penuh kasih sayang

Kumpulan Doa untuk Keluarga, Supaya Bahagia Dunia dan AkhiratANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Salah satu bacaan doa untuk keluarga yang dapat kita amalkan adalah doa permohonan agar keluarga senantiasa dilimpahkan kasih sayang. Sebab, kasih sayang antar anggota keluarga merupakan salah satu kunci mendapatkan kebahagiaan.

Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ - ٣٩

Wa alqaitu 'alaika maḥabbatam minnī, wa lituṣna'a 'alā 'ainī

Artinya: "Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku." (QS. Thaha: 39)

5. Doa memohon keselamatan bagi anak cucu

Kumpulan Doa untuk Keluarga, Supaya Bahagia Dunia dan Akhiratpexels.com/ kelvin agustinus

Keselamatan anggota keluarga juga menjadi faktor penting yang harus selalu kita doakan. Dilansir dari NU Online, berdoa memohon selamat dari bahaya di dunia maupun keselamatan di akhirat dapat dilakukan dengan membaca doa berikut setiap hendak salat Subuh:

اللَّهُمَّ بِحُرْمَةِ النَّبِيِّ وَالحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَأُمِّهِ وَأَبِيْهِ وَنَجِّنِيْ مِنَ الغَمِّ الَّذِيْ فِيْهِ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، وَأَسْئَلُكَ أَنْ تُحْيِيَ قَلْبِيْ بِنُوْرِ مَعْرِفَتِكَ أَبَدًا أَبَدًا يَا رَسُوْلَ اللهِ يَا اللهُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhumma bi hurmatin nabiyyi, wal Hasan, wa akhīh, wa ummih, wa abīh, wa najjinī minal ghammil lazī fīh, yā Hayyu, yā Qayyūmu, yā dzal jalāli wal ikrām. Wa as’aluka an tuhyiya qalbī bi nūri ma‘rifatika abadan, abadan. Yā rasulallāh, ya Allah (3 kali), bi rahmatika yā arhamar rāhimīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: “Ya Allah, demi kehormatan Nabi Muhammad SAW, Hasan, saudaranya, ibunya, dan bapaknya, selamakanlah aku dari kebingungan yang ada di dalamnya. Wahai Zat yang hidup, wahai Zat yang maha tegak, wahai Zat yang maha besar dan mulia, aku memohon kepada-Mu agar menghidupkan hatiku dengan cahaya makrifat-Mu selamanya, wahai Rasulullah, ya Allah (3 kali), dengan rahmat-Mu, wahai Zat yang maha pengasih. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya