Comscore Tracker

Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Lengkap dengan Artinya

Rasulullah saat hendak tidur selalu mengamalkan cara ini

Jakarta, IDN Times - Tidur menjadi salah satu rutinitas yang dibutuhkan oleh manusia. Dengan tidur, badan dan pikiran diistirahatkan setelah beraktivitas seharian.

Namun, tidak jarang orang takut dan menjadi sulit tidur karena memikirkan hal-hal lain. Terutama buat yang suka nonton film atau cerita horor dan tinggal sendiri di kos atau di rumah.

Nah, buat kamu yang suka merasa takut menjelang tidur, entah karena terbayang-bayang film horor atau memikirkan hal lain, ada doa agar terbebas dari rasa takut menjelang tidur, yang bisa diamalkan untuk memberi ketenangan menjelang tidur. 

Dalam Islam, berdoa sebelum tidur sangat dianjurkan. Karena, tidak hanya untuk membuat tidurmu menjadi lebih tenang, tapi juga untuk meminta perlindungan Allah SWT dalam saat tidak terjaga tersebut. Berikut doa sebelum mau tidur yang bisa kamu baca agar tidak mimpi buruk.

Baca Juga: Doa Menghadapi Kenyataan Pahit Agar Emosi dan Mental Tetap Terkendali

1. Doa Mencegah Rasa Takut Saat Mau Tidur

Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Lengkap dengan ArtinyaIlustrasi berdoa (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Imam Ja’far Shadiq, seseorang yang merasa ketakutan saat akan tidur hendaknya membaca doa ini sebelum tidur:

 بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

لآ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

La ilah illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumitu wahua hayyun la yamuutu biyadihil khoir wahua ‘ala kulli syayin qodir

Artinya: Tiada Tuhan yang pantas disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, yang tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kekuasaan dan segala puji. Dzat yang menghidupkan dan mematikan makhluk. Sedangkan Dia Dzat Yang Maha Hidup, tidak akan mati selamanya. Berada dalam kekuasaa-Nya segala kebajikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

2. Doa Sebelum Mau Tidur

Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Lengkap dengan ArtinyaIlustrasi tidur (IDN Times/Shemi)

Untuk meminta perlindungan Allah SWT saat tidur. Inilah doa sebelum mau tidur yang bisa kamu baca:

بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allaahumma ahya wa bismika amuut.

Artinya: Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati.

3. Amalan Sebelum Tidur yang Diajarkan Rasulullah

Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Lengkap dengan ArtinyaIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Dari Rasulullah umat Islam diajarkan untuk membaca surat-surat pendek seperti al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas sebelum tidur. Ketiga surat ini tidak pernah lupa diucapkan oleh Rasulullah sebelum tidur. Untuk menyempurnakannya baca ayat Kursi. 

Dari Aisyah radhiallahu anhu berkata: "Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ke tempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali." (HR. Muslim).

Dengan melakukan amalan ini, kamu akan senantiasa berada dalam perlindungan Allah SWT selama tidur. 

4. Doa Sesudah Bangun Tidur

Jika kita masih bisa terbangun di pagi hari, inilah doa sesudah bangun tidur yang dianjurkan dibaca untuk mensyukuri nikmat tersebut.


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur” [artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan]. (HR. Bukhari no. 6325).

Itulah doa sebelum dan sesudah bangun tidur yang dianjurkan untuk dibaca guna memohon perlindungan dan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan umur yang panjang sehingga kita masih bisa terbangun di pagi hari.

Baca Juga: Doa Saat Hati Dilanda Galau, Mengusir Cemas dan Menenangkan Jiwa  

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya