Ternyata Ini Anak Laki-laki Papua yang Ada di Uang Baru Rp75 Ribu!

Anak laki-laki tersebut bernama Agustinus Rumere

Jakarta, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Papua memperkenalkan anak laki-laki asal Papua bernama Agustinus Rumere. Dia merupakan salah satu anak yang wajahnya terdapat dalam pecahan uang baru Rp75 ribu.

Seperti apa sosok Agustinus Rumere? Yuk, simak yang berikut ini.

1. Mengenal Agustinus Rumere

Ternyata Ini Anak Laki-laki Papua yang Ada di Uang Baru Rp75 Ribu!Warga antre menukar uang baru pecahan Rp75.000 yang merupakan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Jawa Timur, Rabu (19/8/2020). Bank Indonesia mencetak 75 juta lembar uang baru pecahan Rp75.000 untuk ditukarkan warga dengan syarat telah mendaftar pemesanan online dan menunjukkan KTP elektronik. ANTARA FOTO/Seno

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua di Jayapura, Naek Tigor Sinaga, mengatakan Agus Rumere merupakan salah satu dari sembilan anak Indonesia pada Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia.

“Anak tersebut bernama lengkap Agustinus Rumere, anak laki-laki dari dua bersaudara yang lahir di Jayapura, Papua, pada 8 September 2010,” kata Naek seperti dilansir dari ANTARA, Selasa (25/8/2020).

Naek juga menambahkan bahwa Agus Rumere merupakan anak dari pasangan Fitriyani Seseray dan Niko Rumere. Diketahui bahwa sang ibu merupakan salah satu tenaga kerja di Bank Indonesia.

“Agustinus bersekolah di SD Inpres 3 Polimak dan duduk di kelas empat,” ujar Naek.

Baca Juga: [BREAKING] Uang Rp75 Ribu Baru Resmi Diluncurkan, Begini Penampakannya

2. Tujuan utama Bank Indonesia

Ternyata Ini Anak Laki-laki Papua yang Ada di Uang Baru Rp75 Ribu!Aditya Perpatih menunjukkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 tahun kemerdekaan Indonesia senilai Rp75 ribu di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (19/8/2020). Aditya merupakan salah seorang anak yang mengenakan pakaian adat Gorontalo yaitu Makuta dan berada di posisi ketiga kanan dalam uang baru tersebut. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Naek Tigor juga menjelaskan tujuan utama dari Bank Indonesia mengangkat gambar dari anak-anak berpakaian adat adalah untuk memperteguh rasa kebhinekaan melalui pakaian adat yang digunakan oleh anak-anak.

Pakaian adat yang dikenakan oleh anak-anak dalam gambar tersebut mewakili wilayah Indonesia Barat, Tengah, dan Timur di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pakaian adat yang dipakai pun belum pernah digunakan pada desain uang rupiah,” ujar Naek.

3. Tidak hanya bergambar anak-anak Indonesia, terdapat pula gambar Jembatan Youtefa di Papua

Ternyata Ini Anak Laki-laki Papua yang Ada di Uang Baru Rp75 Ribu!Kepala KPwBI Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga menunjukkan wajah Agus Rumere di pecahan uang baru Rp75 ribu, Jayapura, Selasa (25/8/2020). ANTARA/Hendrina Dian Kandipi

Dalam uang pecahan Rp75 ribu, tidak hanya menampilkan wajah anak-anak Indonesia saja. Terdapat pula Jembatan Youtefa yang lokasinya berada di Kota Jayapura, Papua.

Menariknya, gambar Jembatan Youtefa dalam pecahan uang Rp75 ribu ini berdampingan dengan gambar Tol Trans Jawa dan MRT yang dilambangkan sebagai pencapaian pembangunan Indonesia di bidang infrastruktur.

Baca Juga: Peminat Tinggi, BI Bakal Evaluasi Tanggal Penukaran Uang Baru Rp75.000

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya