Achmad Yurianto Jelaskan 3 Tahapan Pencegahan COVID-19

Masyarakat diminta untuk mematuhi imbauan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto, meminta kepada masyarakat untuk terus mematuhi imbauan yang telah diberikan oleh pemerintah.

Hal tersebut, kata Yurianto, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona yang ada di Indonesia. Iya menjelaskan, ada tiga tahap yang harus dilakukan masyarakat.

“Pertama harus dilaksanakan pembatasan kontak fisik dalam komunikasi sehari-hari, bukan hanya di luar rumah tapi juga di dalam rumah. Ini penting karena ini penyakit menular dari orang sakit ke orang sehat melalui percikan ludah pada saat yang sedang sakit batuk, bersin, dan berbicara,” kata Yurianto dikutip dari siaran langsung oleh tim TVRI, Rabu (25/3).

Kedua, masyarakat diminta untuk menerapkan hidup bersih dan sehat dengan cara rajin mencuci tangan menggunakan sabun, mengingat percikan air liur pasien COVID-19 bisa menempel di sejumlah benda yang ada di sekitarnya.

“Ini kenapa pemerintah serukan kerja di rumah, ibadah di rumah, belajar di rumah. Ini untuk mengurangi penularan penyakit ini,” ujarnya.

Ketiga, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak panik. Jika memiliki gejala terinfeksi COVID-19 seperti batuk, influenza, dan sesak napas, alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke pusat kesehatan setempat untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi terkait kesehatannya.

“Nanti tenaga kesehatan membantu secara detail dan pemeriksaan lanjutan. Bisa saja ini disebabkan oleh COVID-19 atau bukan. Jangan tebak-tebak sendiri, sebaiknya konsultasi agar bisa dapat informasi yang benar dan bisa ambil langkah yang tepat tanpa ada kepanikan,” harapnya.

Baca Juga: [BREAKING] Kasus Positif Virus Corona Bertambah Jadi 790 Kasus

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya