Comscore Tracker

Airlangga dan Bamsoet Bersaing Sengit di Munas, Siapa Paling Tajir?

Keduanya memiliki harta yang bergelimang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet), tengah terlibat persaingan sengit untuk memperebutkan kursi ketua umum partai berlambang beringin itu.

Berbagai macam strategi telah disiapkan dari masing-masing tim sukses, untuk memenangkan jagoannya di musyawarah nasional (Munas) yang akan digelar pada Desember mendatang.

Keduanya juga merupakan pejabat publik, Airlangga adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sedangkan Bamsoet saat ini menduduki jabatan sebagai Ketua MPR.

Lalu, berapa harta kekayaan keduanya?

Baca Juga: Airlangga Siap Hadapi Kontestasi Pemilihan Ketum Golkar Awal Desember 

1. Airlangga Hartarto punya kekayaan lebih dari Rp81 miliar

Airlangga dan Bamsoet Bersaing Sengit di Munas, Siapa Paling Tajir?Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Dikutip dari situs elhkpn.kpk.go.id, Airlangga Hartarto tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp81,6 miliar yang dilaporkan pada 4 April 2019, saat dirinya masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Rinciannya, Airlangga memiliki sejumlah harta tidak bergerak seperti tanah dan bangunan senilai Rp71,8 miliar. Sedangkan untuk harta bergerak, ia memiliki lima unit mobil dengan total nilai Rp 3,9 miliar.

2. Utang Airlangga dalam LHKPN sekitar Rp20 miliar

Airlangga dan Bamsoet Bersaing Sengit di Munas, Siapa Paling Tajir?IDN Times/Uni Lubis

Airlangga juga tercatat mempunyai surat berharga senilai Rp43,3 miliar, kas dan setara kas senilai Rp6 miliar serta harta lain senilai Rp20,5 miliar. Namun dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, Airlangga juga memiliki utang Rp64,6 miliar.

3. Bamsoet punya kekayaan lebih dari Rp98 miliar

Airlangga dan Bamsoet Bersaing Sengit di Munas, Siapa Paling Tajir?IDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara, Bamsoet berdasarkan LHKPN yang tertera di situs elhkpn.kpk.go.id, total kekayaannya Rp98 miliar, yang dilaporkan pada 2018, saat dia masih menjabat sebagai ketua DPR.

Sebagian besar harta kekayaannya berupa tanah dan bangunan yang bernilai Rp71 miliar yang terdiri dari 12 tanah dan 15 bangunan di kawasan Jakarta, Bogor, Bandung, Purbalingga, Banjarnegara, dan Bali.

4. Bamsoet koleksi berbagai macam kendaraan mewah seperti mobil sport dan moge

Airlangga dan Bamsoet Bersaing Sengit di Munas, Siapa Paling Tajir?golkar.or.id

Sementara, harta berupa kendaraan mewah berjumlah Rp18,6 miliar, dengan rincian mobil Ferrari, Lamborghini, Tesla, Hummer, Mercedes Benz, Toyota Fortuner, Jeep dan Rollsroyce, serta dua motor gede Harley Davidson.

Bamsoet juga memiliki harta bergerak lain senilai Rp1 miliar, surat berharga senilai Rp120 juta, serta kas dan setara kas sejumlah Rp7 miliar.

Baca Juga: Pengamat LIPI: Munas Golkar Jangan Sampai Aklamasi dan Vote Buying

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya