[BREAKING] Kronologi Bentrokan Laskar dengan Polisi Versi FPI

Enam orang tewas dalam bentrokan dengan pengawal Rizieq

Jakarta, IDN Times - Enam anggota laskar pengawal Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, meninggal dunia usai terlibat bentrok dengan polisi di Jalan Tol Jakarta Cikampek, Senin (7/12/2020) pukul 00.30 WIB.

Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar menuturkan, pihaknya dihadang orang tak dikenal yang diduga kuat adalah bagian dari operasi untuk mencelakakan kliennya tersebut.

"Bahwa benar ada peristiwa pengadangan, penembakan terhadap rombongan IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab) dan keluarga serta penculikan terhadap enam orang laskar pengawal IB,” kata Aziz melalui keterangan tertulisnya, Senin (7/12/2020).

Aziz menjelaskan, kronologi kejadian bermula ketika Rizieq dan keluarganya hendak menghadiri acara pengajian keluarga di daerah Karawang, Jawa Barat. Namun ketika dalam perjalanan, mobil rombongan dihadang orang tak dikenal.

"Para preman orang tak dikenal yang bertugas operasi tersebut menghadang dan mengeluarkan tembakan kepada laskar pengawal keluarga,” ujar dia.

Dia menyebut, orang tak dikenal tersebut lantas melakukan penembakan ke arah mobil rombongan Rizieq dan menculik enam anggota laskar FPI yang mengawal Rizieq dan keluarga.

"Kami mohon doa, agar satu mobil yang tertembak berisi enam orang laskar yang diculik agar diberi keselamatan,” tuturnya.

Aziz pun enggan memberikan tanggapan terkait kondisi Rizieq pasca-penyerangan tersebut. Ia mengatakan pentolan FPI itu sedang dirahasiakan keberadaannya.

"Dan mohon doa juga IB HRS. Untuk lokasi IB HRS, demi alasan keamanan dan keselamatan beliau beserta keluarga, maka kami tidak bisa sebutkan,” kata dia.

[BREAKING] Kronologi Bentrokan Laskar dengan Polisi Versi FPI

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan aparat kepolisian terlibat bentrok dengan pendukung Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Dalam kondisi terancam, akhirnya petugas kepolisian melakukan tindakan tegas dan terukur. Dari 10 pengikuti Rizieq, ada enam orang yang dinyatakan meninggal dunia dan empat lainnya melarikan diri.

"Karena diserang, dilakukan tindakan tegas dan terukur, sehingga terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS (Rizieq Shihab) yang berjumlah 10 orang, meninggal dunia sebanyak enam orang, saya ulangi, kepada kelompok MRS yang melakukan penyerangan terhadap anggota dilakukan tindakan tegas dan meninggal dunia sebanyak 6 orang," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Senin (7/12/2020).

Bentrokan dan penyerangan ini terjadi di Jalan Tol Jakarta Cikampek, KM 50 pada pukul 00.30 WIB. Hal ini berkaitan dengan adanya informasi pengerahan massa simpatisan Rizieq yang akan datang ketika pentolan FPI ini diperiksa di Polda Metro Jaya pada hari ini.

"Tadi pagi sekitar pukul 00.30 WIB di Jalan Tol Jakarta Cikampek, KM 50 telah terjadi penyerangan terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan MRS (Rizieq Shihab) yang dijadwalkan berlangsung hari ini, jam 10.00 WIB," ujar Fadil.

Namun ketika petugas melakukan penyelidikan, kendaraan polisi malah diikuti dan dihalangi. "Ketika anggota mengikuti kendaraan yang diduga adalah pengikut Rizieq, kendaraan petugas dipepet kemudian diserang menggunakan senjata api dan senjata tajam,” ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] 6 Pendukung FPI Tewas Saat Bentrok, Ini Penjelasan Kapolda

Topik:

  • Rochmanudin
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya