Buwas Resmi Memberikan Tongkat Estafet Kepempinan BNN pada Heru Winarko

Buwas memuji Heru sebagai perwira terbaik Polri di KPK

Jakarta, IDN Times - Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso, secara resmi memberikan tongkat estafet kepemimpinannya kepada Irjen Pol Heru Winarko.

1. Serah terima jabatan

Buwas Resmi Memberikan Tongkat Estafet Kepempinan BNN pada Heru WinarkoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Bertempat di kantor BNN pusat, pria yang akrab disapa Buwas itu menyerahkan seluruh tanggung jawabnya sebagai kepala BNN yang telah ia emban sejak 2015, kepada Anang sebagai pimpinan lembaga anti-narkoba baru.

"Hari ini saya sampaikan bahwa hari ini saya secara resmi menyerah terimakan secara keseluruhan tugas dan tanggung jawab saya, kepada pengganti saya Irjen Pol Heru Winarko," ujar Buwas di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/3).

2. Buwas memperkenalkan Heru pada seluruh Staf BNN 

Buwas Resmi Memberikan Tongkat Estafet Kepempinan BNN pada Heru WinarkoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Buwas hari ini memperkenalkan Heru kepada seluruh staf BNN, dan menjabarkan apa saja capaian yang telah diraih, hingga pekerjaan rumah yang belum dituntaskan jenderal bintang tiga itu.

"Jadi saya sudah resmi menyerahkan dan tadi saya sudah memaparkan kepada beliau apa yang sudah saya lakukan, yang sedang berjalan dan yang belum dilakukan," kata mantan Kabaresrkim Polri itu.

Baca juga: Mengenal Sosok Kepala BNN Baru Heru Winarko, Kapolres Jakpus Hingga Deputi KPK

3. Buwas menilai Heru perwira Polri terbaik yang pantas memimpin BNN  

Buwas Resmi Memberikan Tongkat Estafet Kepempinan BNN pada Heru WinarkoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Buwas menyebutkan Heru merupakan salah satu perwira Polri terbaik yang bertugas di KPK, sehingga dirasa pantas menggantikan dirinya untuk memberantas peredaran narkotika di Tanah Air.

"Beliau mantan (Deputi Penindakan) dari KPK, ada hal-hal yang bagus yang beliau jalankan selama beliau tugas di KPK dan diterapkan di sini. BNN akan kerja sama dengan KPK dalam rangka menciptakan anggota BNN yang berkualitas," kata dia.

4. Heru siap mengemban tanggung jawab sebagai kepala BNN

Buwas Resmi Memberikan Tongkat Estafet Kepempinan BNN pada Heru WinarkoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sementara, Heru menyatakan akan melanjutkan tugas dari Buwas dengan sebaik-baiknya, dan terus memperbaiki kekurangan yang ada di BNN.

"Saya di sini mendukung menjalankan dan melanjutkan kebijakan-kebijakan beliau dan saya tinggal menjalankan saja, mungkin ke depan saya akan perbaiki dan yang jelas apa yang telah dilakukan beliau tetap saya jalankan," ujar Heru, pada kesempatan sama.

Heru mengaku akan menekan peredaran narkotika yang masuk dari luar Indonesia, dan akan terus memutus mata rantai peredaran narkoba di Tanah Air.

"Saran bapak Presiden agar kita bisa menekan masuknya barang-barang narkoba, ini karena narkoba 80 persen dari luar (Indonesia), begitu juga dari beliau (Buwas) untuk rehabilitasi, pencegahan, pemberdayaan masyarakat bagaimana kita bisa merangkul korban-korban penyalahgunaan narkotika ini," kata dia.

Sebelumnya, Irjen Pol Heru Winarko telah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada Kamis (29/2) lalu. Pada pelantikan tersebut, Mantan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso juga hadir, untuk melakukan serah terima jabatan di depan Presiden.

Baca juga: Pesan KPK Bagi Kepala BNN Baru: Tetap Jaga Integritas dan Transparansi

Topik:

Berita Terkini Lainnya