Doni Monardo Sembuh dari COVID-19, Siap Donorkan Plasma Konvalesen

Doni sembuh dari COVID-19 setelah 20 hari isolasi mandiri

Jakarta, IDN Times – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, mengumumkan bahwa dirinya sudah negatif dari COVID-19 setelah 20 hari menjalani isolasi mandiri.

Doni menjalani tes PCR pada Jumat, 12 Februari 2021 siang. Selang beberapa jam kemudian, diketahui hasilnya sudah negatif. 

"Alhamdulillah tentu saya bersyukur kepada Allah SWT atas hasil negatif covid ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, dokter di rumah sakit, tim dokter satgas dan BNPB atas segala dukungan dan perhatian yang telah diberikan. Termasuk doa kawan kawan, doa dari masyarakat demi kesembuhan saya," kata Doni yang disampaikan Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah melalui keterangan tertulisnya, Jumat (12/2/2021).

1. Doni Monardo siap donorkan plasma konvalesen kepada pasien COVID-19

Doni Monardo Sembuh dari COVID-19, Siap Donorkan Plasma KonvalesenIlustrasi melakukan donor Plasma konvaselen (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Egy pun mengatakan Doni Monardo siap mendonorkan plasma konvalesennya kepada pasien COVID-19 yang membutuhkan.

“Doni Monardo pun resmi menyandang predikat penyintas COVID-19 dan siap menyumbangkan plasma konvalesen,” ujar Egy.

Baca Juga: Doni Monardo: Kasus Aktif COVID Indonesia Termasuk Tertinggi di Dunia

2. Doni Monardo positif COVID-19 sejak Sabtu, 23 Januari 2021

Doni Monardo Sembuh dari COVID-19, Siap Donorkan Plasma KonvalesenIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Doni Monardo mengumumkan dirinya positif COVID-19 pada Sabtu, 23 Januari 2021. Saat dinyatakan terpapar virus tersebut, Doni mengaku tidak mengalami gejala apapun.

“Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif COVID-19. Hari pertama saya tidak merasakan gejala apa apa,” kata jenderal TNI bintang tiga ini melalui keterangan tertulisnya.

3. Doni Monardo terpapar COVID-19 usai meninjau bencana di Sulbar dan Kalsel

Doni Monardo Sembuh dari COVID-19, Siap Donorkan Plasma KonvalesenKepala BNPB Doni Monardo Tinjau Banjir Garut (Dok. BNPB)

Mantan Danpaspampres ini diduga terpapar COVID-19 usai sepekan memimpin penanggulangan bencana gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir besar di Kalimantan Selatan. 

"Saya ikut mendampingi beliau dalam kunjungan itu. Hikmahnya, beliau lebih bisa mengerem aktivitas,” ujar Egy.

Egy menambahkan, selama menjalani isolasi mandiri Doni Monardo tidak pernah berhenti memantau perkembangan situasi kebencanaan di tanah air, baik bencana alam maupun pandemik COVID-19. 

Bahkan pada Rabu, 3 Februari 2021, dari ruang isolasi mandiri Doni memimpin Rapat Pelaksanaan Desa Tangguh COVID-19 dan Pembentukan Posko Tangguh COVID-19 di tingkat Kelurahan/Desa dan tingkat Kecamatan secara daring.

“Kami keluarga besar BNPB dan Satgas COVID-19 tentu sangat bersyukur mengetahui Doni Monardo sudah negatif. Itu artinya, beliau bisa kembali hadir di tengah-tengah kita, memimpin dan melanjutkan kerja melawan pandemi,” tutur Egy.

Baca Juga: Ikut Tangani COVID-19, Doni Monardo Terima Medali Emas dari Dewan Pers

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya