Gibran Jalani Swab Test, Terkait Kontak dengan Achmad Purnomo?

Ayah Gibran, Presiden Jokowi, juga segera jalani swab test

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ini sedang menjalani swab test untuk memastikan dirinya terbebas dari penularan COVID-19.

Hal itu dijelaskan Gibran dalam sebuah diskusi daring yang diselenggarakan oleh PDI Perjuangan dengan tema "Anak Muda Berpolitik, Siapa Takut?

Gibran, yang awalnya menjadi narasumber dalam sesi diskusi tersebut bersama calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Calon Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, tiba-tiba meminta izin untuk pamit terlebih dahulu karena ingin melakukan swab test.

1. Gibran lakukan swab test setelah sebelumnya menjalani rapid test

Gibran Jalani Swab Test, Terkait Kontak dengan Achmad Purnomo?ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Namun, putra sulung Presiden Joko “Jokowi” Widodo tersebut tidak memberikan penjelasan secara rinci di mana ia melakukan tes tersebut.

“Saya mau melanjutkan pemeriksaan ini, saya habis rapid test, saya mau swab test sekalian ini. Itu dulu ya, saya sudah ditunggu dokter ini,” kata Gibran dalam sesi diskusi daring tersebut, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Achmad Purnomo Positif COVID-19 Usai dari Istana, Jokowi akan Tes Swab

2. Gibran bantah pernah bertemu Achmad Purnomo usai rekomendasi dari PDIP diberikan kepada dirinya sebagai bakal calon Wali Kota Solo

Gibran Jalani Swab Test, Terkait Kontak dengan Achmad Purnomo?Dok. Gibran Rakabuming Raka

Saat ditanya apakah swab test yang ia lakukan berkaitan dengan kontak langsung dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang telah dinyatakan postif COVID-19, Gibran membantah hal tersebut. Sebelumnya, Gibran telah menjalani rapid test dan dinyatakan non reaktif.

“Saya belum bertemu Pak Purnomo usai rekom turun. Ini hanya pemeriksaan rutin aja kok. Ini hasil rapid-nya juga negatif (non-reaktif),” ujarnya.

3. Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif COVID-19 setelah dua kali menjalani test swab

Gibran Jalani Swab Test, Terkait Kontak dengan Achmad Purnomo?Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo. IDN Times/Larasati Rey

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dikonfirmasi positif COVID-19. Hasil tersebut didapat saat dirinya menjalani dua kali jalani swab. Purnomo mengatakan jika dirinya merasa tidak mengalami gejala terkonfirmasi COVID-19. Purnomo bahkan masih menjalankan sejumlah rapat paripurna dengan DPRD Kota Solo dan OJK Kota Solo sebelumnya.

"Saya merasa sehat sekali gak ada keluhan, tapi hati-hati," ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Jumat (24/7/2020).

Purnomo mengaku sempat melakukan swab sebanyak dua kali selepas pulang dari Jakarta pada Rabu (15/7).

"Saya kan dua kali (red: test PCR), pertama negatif yang kedua tendensi positif," ungkapnya.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, Positif COVID-19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya