Gugus Tugas Siapkan 100 Kg Ikan Segar dari Ambon untuk Pasien COVID-19

Pasien COVID-19 RS Wisma Atlet suka makanan yang disajikan 

Jakarta, IDN Times - Menu makanan yang dikonsumsi pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (RSD Wisma Atlet) menjadi perhatian Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Ia menyampaikan apresiasi kepada para petugas karena menjaga kualitas makanan pasien.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini mengaku mendapatkan banyak laporan dari pasien yang dirawat RSD Wisma Atlet. Mereka mengaku senang dengan fasilitas makanan yang baik.

1. Makan adalah obat untuk kesembuhan pasien virus corona

Gugus Tugas Siapkan 100 Kg Ikan Segar dari Ambon untuk Pasien COVID-19Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo Mengunjungi RS Darurat Wisma Atlet (Dok. Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional)

Doni berharap pelayanan makanan kepada pasien di rumah sakit tetap dipertahankan. Menurut dia, makanan sangat penting untuk proses pemulihan para pasien COVID-19, karena makanan adalah bagian dari obat.

“Apabila makanan bagus, pasien akan meningkat imunitasnya, dan otomatis akan bisa bertahan mengalahkan COVID-19 yang akhirnya bisa pulih kembali,” ujar Doni saat berkunjung ke RSD Wisma Atlet, Senin (25/5).

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Penting! 25 Hal tentang Virus Corona di Indonesia

2. Sebanyak 100 kg ikan segar dikirim dari Ambon ke Jakarta, untuk menu makanan pasien

Gugus Tugas Siapkan 100 Kg Ikan Segar dari Ambon untuk Pasien COVID-19Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo Mengunjungi RS Darurat Wisma Atlet (Dok. Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional)

Menu makanan ikan menjadi perhatian Doni beberapa waktu lalu. Gagasan untuk membawa ikan segar dari Maluku terwujud, untuk para pasien di RSD Wisma Atlet. Ia meminta Garuda Indonesia mengangkut 100 kilogram ikan dari Ambon ke Jakarta. Selanjutnya, ikan-ikan segar yang telah dikemas rapi, dikirimkan ke dapur rumah sakit tersebut.

“Terutama menu ikan-ikan bisa dikembangkan terus. Pasien mendapatkan makanan berkualitas. Yakinkan makanan yang mengandung banyak protein dan vitamin,” ucap dia.

3. Sebanyak 963 pasien sedang mendapatkan perawatan di RSD Wisma Atlet

Gugus Tugas Siapkan 100 Kg Ikan Segar dari Ambon untuk Pasien COVID-19RS Darurat Wisma Atlet (Dok. Gugus Tugas COVID-19)

Senin (25/5) siang, Doni bersama tim Gugus Tugas Nasional mengunjungi unit kerja di bawah manajemen RSD Wisma Atlet, seperti unit radiologi, kesehatan mental, surveilen, pencatatan pasien dan call center.

RSD Wisma Atlet yang aktif sejak 23 Maret 2020 telah merawat lebih dari 3.900 orang. Hingga Minggu (24/5), jumlah pasien mencapai 963 orang yang terdiri pasien laki-laki 623 orang dan perempuan 340 orang.

Dari jumlah pasien yang ada, pasien dikategorikan berdasarkan hasil tes swab positif 700 orang, tes cepat positif 237 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 20 pasien, dan sisanya orang dalam pemantauan (ODP).

RSD Wisma Atlet dioperasikan tim gabungan dari TNI, Polri, Kementerian Kesehatan, tenaga medis dan sukarelawan. Total kekuatan personel yang bertugas berjumlah 1.624 orang.

Baca Juga: Wisma Atlet untuk Karantina Beda Lokasi dengan RS Darurat Wisma Atlet

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya