Hadiri Anugerah Trisakti Tourism, Megawati Titip 3 Hal ke Wishnutama

Indonesia punya jalur rempah

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan Indonesia pernah memiliki jalur rempah yang hebat, sama seperti Tiongkok yang memiliki jalur sutra.

Jika Tiongkok menghidupkan kembali jalur sutra dengan One Belt One Road (OBOR), maka Indonesia pun bisa menghidupkan kembali jalur rempah-rempah.

1. Megawati berharap Menteri Pariwisata hidupkan kembali jalur rempah-rempah

Hadiri Anugerah Trisakti Tourism, Megawati Titip 3 Hal ke Wishnutama(IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Secara khusus, Megawati meminta Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Wisnutama untuk bekerja menghidupkan lagi jalur rempah di Indonesia.

"Kalau di Tiongkok ada OBOR, jalur sutra, sebenarnya kita juga punya. Namanya jalur rempah," kata Megawati saat berbicara dalam acara Anugerah Trisakti Tourism Award 2019 di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Minggu (22/12) malam.

Megawati pun langsung melihat ke arah Wishnutama, sembari berharap pemerintah bersedia mengabulkan keinginannya.

"Saya harap Pak Wishnu bangkitkan kembali apa yang namanya jalur rempah," tutur dia.

Baca Juga: Pesan Megawati pada Hari Ibu: Perempuan Jangan Takut Terjun ke Politik

2. Asal usul kata "Trisakti" pada ajang Anugerah Trisakti Tourism Award 2019

Hadiri Anugerah Trisakti Tourism, Megawati Titip 3 Hal ke Wishnutama(IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Megawati lantas menjelaskan tentang asal usul kata "Trisakti" yang disebutnya bagian dari nilai-nilai Pancasila.

“Pertama adalah berdaulat di bidang politik. Karena tanpa kedaulatan ini, maka Indonesia pasti sedang dijajah. Cara berpolitik Indonesia adalah bebas aktif. Kita secara universal membangun peradaban dunia itu," ujar dia.

Kedua, Megawati meminta agar Indonesia menjadi negara berdikari di sektor ekonomi. Bung Karno pun pernah menyebutnya bahwa Indonesia memiliki kekayaan melimpah hingga pernah dijajah 350 tahun lamanya.

Bagian Trisakti yang ketiga adalah berkepribadian di bidang budaya. Hal ini menunjukkan betapa kayanya Indonesia dengan kebudayaan, dan tak sepantasnya ada pihak yang memaksa Indonesia hanya menjadi satu budaya saja.

"Bisa bayangkan tidak kalau keberagaman ini hanya menjadi satu?" kata Megawati.

3. Megawati minta kebudayaan Indonesia agar terus dirawat dengan baik

Hadiri Anugerah Trisakti Tourism, Megawati Titip 3 Hal ke WishnutamaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Seluruh kekayaan Indonesia, kata Megawati, bisa menggerakkan perekonomian dan membuat bangsa Indonesia melompat jauh seperti diimpikan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Megawati mencontohkan rakyat Jepang yang digerakkan budaya. Bagi wisatawan dunia, yang menarik bukanlah hotel berbintang, tapi justru keaslian dan keramahan budaya. Makanan yang disajikan Jepang seperti tempura juga dibuat dari bahan yang diambil dari hutan atau diproduksi sendiri.

"Bukan hanya masakan matangnya, tapi bahan-bahan rempahnya. Itu bahan dari daerah sendiri, jangan diimpor. Nanti wisatawan asing akan lihat. Lalu kita jual lah itu. Itu baru satu saja loh yang bisa menggerakkan ekonomi," kata dia.

"Pak Wishnutama, saya titip, tolong gerakkan masyarakat itu, untuk mereka tahu daerahnya itu punya potensi besar untuk destinasi pariwisata," kata Mega, menambahkan.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ketika Megawati Bikin Wishnutama Kicep soal Manfaat Bunga Telang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya