Comscore Tracker

Hasto: Elektabilitas Gibran dan Bobby di Survei PDIP Naik Terus

Namun, PDIP belum memberikan rekomendasi hingga saat ini

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya membuat survei internal mengenai elektabilitas Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution yang akan maju di pilkada serentak tahun ini.

Hasilnya, elektabilitas anak sulung dan menantu Presiden Joko “Jokowi” Widodo tersebut menunjukkan tren peningkatan yang cukup baik hingga hari ini. Kendati demikian, keputusan untuk mencalonkan keduanya sebagai calon kepala daerah usungan PDIP ada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

1. Bobby belajar dari kader PDIP yang sudah menjadi kepala daerah

Hasto: Elektabilitas Gibran dan Bobby di Survei PDIP Naik TerusBobby Nasution berbincang dengan pengelola Sabda Coffe, Agustinus Ompusunggu (Dok. IDN Times)

PDIP, kata Hasto, masih terus memantau perkembangan mereka hingga nantinya partai memutuskan untuk mengusung mereka atau tidak.

“Kalau dari survei memang Mas Bobby elektoralnya cenderung meningkat dan beberapa waktu yang lalu kami juga menyarankan Mas Bobby untuk belajar di kepala daerah dari PDI Perjuangan, seperti Bupati Banyuwangi,” kata Hasto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/2).

“Jadi diam-diam Mas Bobby sudah belajar bagaimana yang efektif, yang baik dari kepala daerah PDI Perjuangan,” katanya menambahkan.

Baca Juga: Rekomendasi Paslon Pilkada 2020 PDIP Turun, Tidak Ada Nama Gibran

2. Elektabilitas Gibran meningkat karena dukungan anak muda

Hasto: Elektabilitas Gibran dan Bobby di Survei PDIP Naik TerusGibran Rakabuming Raka (IDN Times/Larasati Rey)

Sama seperti Bobby, elektabilitas Gibran juga terus menunjukkan peningkatan yang positif. “Elektoral Mas Gibran juga memperlihatkan tren meningkat. Ada antusiasme bagi anak-anak muda untuk bergabung,” ujarnya.

3. Saat ini, baru 48 pasangan yang diumumkan PDIP sebagai calon kepala daerah

Hasto: Elektabilitas Gibran dan Bobby di Survei PDIP Naik TerusPDI Perjuangan Umumkan Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020 (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Hasto menjelaskan, DPP PDIP sedang fokus melakukan pemetaan dan survei politik terkait sejumlah kader yang akan diusung untuk maju dalam pilkada serentak 2020. Saat ini, lanjut Hasto, baru ada 48 pasangan calon kepala daerah yang sudah ditetapkan maju dari PDIP.

“Dengan demikian untuk Kota Solo, Bali dan Kota Makassar akan dilakukan secara terpisah. kemudian Kota Medan dan Kota Surabaya akan diumumkan secara terpisah,” tuturnya.

4. Gibran dan Bobby digadang akan maju di Pilkada Solo dan Medan

Hasto: Elektabilitas Gibran dan Bobby di Survei PDIP Naik TerusCawalkot solo Gibran Rakabuming Raka (tengah). (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Diberitakan sebelumnya, Gibran dan Bobby digadang-gadang akan maju dalam kontestasi Pilkada 2020 mewakili daerah kelahirannya, Gibran di Kota Solo dan Bobby di Medan. Namun, baru Gibran yang menunjukkan keseriusannya untuk maju di pilkada dengan mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah melalui partainya.

Pencalonan putra sulung Presiden Jokowi ini juga menimbulkan polemik karena dianggap menyalahi mekanisme partai. Harusnya, DPC Solo mengusung Achmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota Solo.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Survei: Banyak yang Belum Tahu Bobby Menantu Jokowi Mau Jadi Wali Kota

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya