Jasa Marga: 338 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Hari Ini

Kendaraan dari arah timur akan memadati GT Cikampek Utama

Jakarta, IDN Times - PT Jasa Marga Persero memprediksi puncak arus balik Natal 2019 akan terjadi pada hari ini dan besok.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan sebanyak 338 ribu kendaraan diperkirakan akan kembali ke Jakarta.

1. Jumlah tersebut naik 43 persen dari lalu lintas harian normal

Jasa Marga: 338 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Hari IniIlustrasi (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Mereka akan datang baik dari arah timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan Kalihurip Utama dari arah barat melalui GT Cikupa, serta arah Selatan melalui GT Ciawi dalam rentang waktu dua hari tersebut.

“Jumlah ini meningkat sekitar 43 persen dari lalu lintas harian normal sebanyak 234 ribu kendaraan,” kata Dwimawan melalui keterangan tertulisnya, Rabu (25/12).

2. Kendaraan dari arah timur akan memadati GT Cikampek Utama

Jasa Marga: 338 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Hari IniIDN Times / Istimewa

Lalu lintas tertinggi, kata Dwimawan diprediksi dari arah timur yang kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama.

“Sebanyak 98 ribu kendaraan diprediksi melintasi GT Cikampek Utama, naik 97 persen dari lalu lintas harian normal sebanyak 50 ribu kendaraan,” ujarnya.

3. Sistem contraflow diberlakukan untuk mengurai kemacetan di Tol Japek

Jasa Marga: 338 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Hari IniDok. Jasa Marga

Jasa Marga telah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi peningkatan volume kendaraan pada arus balik Natal 2019, yaitu melalui penambahan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan menambah unit mobile reader dan khusus Jalan Tol Japek II Elevated.

Jasa Marga juga telah menambah 3 unit gardu akses menyerong di GT Cikunir 6 untuk pengguna jalan yang menuju ke arah Jatiasih Jalan Tol JORR.

“Untuk memastikan kapasitas lajur, Jasa Marga dengan diskresi dan koordinasi dengan pihak Kepolisian akan terus melakukan rekayasa lalu lintas contraflow secara situasional,” tuturnya.

Dwimawan menghimbau kepada pengendara agar memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima serta menjaga jarak aman kendaraan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas yang rawan terjadi.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya