Jelang Rakornas FKUB, Ma'ruf Amin Bertemu dengan 3 Menteri

Jokowi akan membuka rakornas FKUB Selasa besok

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggelar pertemuan dengan tiga menteri, terkait rencana Rakornas Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) yang akan berlangsung, Selasa (3/11/2020) besok.

Tiga menteri yang diundang Wapres Ma'ruf yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

“Agenda yang dibicarakan itu dua hal penting. Yang pertama itu berbicara mengenai rencana Rakornas Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB),” kata Jubir Wapres, Masduki Baidlowi melalui keterangannya, Senin (2/10/2020).

Baca Juga: Ma’ruf Amin: Indonesia Cuma Jadi Tukang Stempel Produk Halal Dunia

1. Jokowi akan membuka rakornas FKUB besok

Jelang Rakornas FKUB, Ma'ruf Amin Bertemu dengan 3 MenteriJokowi beri sambutan di Puncak Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 pada Rabu (28/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Masduki menjelaskan, Rakornas FKUB rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan juga dihadiri Wapres Ma’ruf Amin sebagai pemateri kunci.

“Tadi dilaporkan mengenai persiapannya seperti apa dan seterusnya. Pembicaranya ada Mendagri, Menteri Agama, dan para tokoh lain,” ujarnya.

2. Tema rakornas adalah Umat Rukun Indonesia Maju

Jelang Rakornas FKUB, Ma'ruf Amin Bertemu dengan 3 MenteriWakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar pertemuan dengan 3 menteri terkait persiapan rakornas FKUB (Dok.Setwapres)

Pria kelahiran Bangkalan, 20 Juli 1958 itu menjelaskan, tema yang diangkat dalam Rakornas FKUB tersebut adalah "Umat Rukun Indonesia Maju" dalam rangka mewujudkan kerukunan antarumat beragama yang kondusif di Indonesia.

Selain itu, Masduki menuturkan bahwa agenda kedua yang dibahas Wapres bersama Menko PMK, Mendagri, dan Menteri Agama adalah mengenai wacana pembentukan FKUB tingkat nasional.

“Yang kedua, agendanya adalah bagaimana agar FKUB itu, yang selama ini ada di daerah tingkat 1 provinsi dan tingkat 2 kabupaten/kota, ada gagasan bagaimana kalau itu ada semacam di pusat,” tuturnya.

3. Rakornas akan membahas payung hukum untuk FKUB

Jelang Rakornas FKUB, Ma'ruf Amin Bertemu dengan 3 MenteriWakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar pertemuan dengan 3 menteri terkait persiapan rakornas FKUB (Dok.Setwapres)

Pria yang juga menjabat sebagai Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menambahkan, pertemuan tersebut juga membahas kemungkinan penguatan payung hukum FKUB, misalnya melalui peraturan presiden. Kendati demikian, Masduki menegaskan bahwa hal ini masih berupa gagasan yang perlu dibicarakan lebih jauh oleh kementerian terkait.

“Karena ini belum final, maka nanti berikutnya akan dimatangkan terlebih dahulu baik oleh Menko PMK, Mendagri, dan Menteri Agama. Setelah mereka rapat matang, lalu kemudian akan dilaporkan kembali kepada Bapak Wakil Presiden,” ujarnya.

Sebelumnya, wacana pembentukan FKUB tingkat nasional juga sempat disampaikan Ma’ruf Amin saat melakukan pertemuan dengan Mendagri dan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Jumat, 7 Februari 2020. Tak hanya sampai disitu, Wapres juga menyampaikan hal serupa saat diskusi bersama Asosiasi FKUB pada Selasa, 10 Maret 2020.

Wapres beralasan bahwa kerukunan umat beragama menjadi kunci dalam menjaga persatuan dan keamanan nasional, sehingga penguatan FKUB penting dilakukan dari tingkat daerah hingga pusat.

Baca Juga: Jakarta, Jabar dan Banten Jadi Daerah Kerukunan Umat Beragama Terendah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya