Comscore Tracker

Jokowi Temukan 70 Persen Warga Satu Provinsi di Jawa Tak Pakai Masker

TNI-Polri diminta turun tangan awasi warga gunakan masker

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengungkapkan, dari hasil survei yang dilakukan pemerintah, terdapat salah satu provinsi di Jawa yang 70 persen warganya tidak menggunakan masker.

Padahal, kata Jokowi, pemakaian masker adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, selain menjaga jarak dan cuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Masker Jadi Kunci Memutus Rantai Penyebaran COVID-19

1. Menurut Jokowi, 70 persen merupakan angka yang besar

Jokowi Temukan 70 Persen Warga Satu Provinsi di Jawa Tak Pakai MaskerPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang melihat foto Sultan Himayatuddin (Dok/Setpres Biro Pers Kepresidenan)

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat untuk meninjau fasilitas produksi vaksin COVID-19.

"Survei yang kita lakukan, saya gak menyebut nama provinsi, ada 70 persen (masyarakat) belum pakai masker, ini satu provinsi di Jawa. Sebuah angka yang besar,” kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/10/2020).

2. TNI-Polri diminta turun tangan awasi penggunaan masker pada masyarakat

Jokowi Temukan 70 Persen Warga Satu Provinsi di Jawa Tak Pakai MaskerPSBB di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Oleh sebab itu, ia meminta agar TNI-Polri ikut berperan aktif mengawasi masyarakat di seluruh daerah, dalam rangka penggunaan masker jika berada di luar rumah.

"Kita harapkan dalam dua minggu ini dibantu TNI-Polri, Gugus Tugas Daerah betul-betul urusan masker ini kita kerjakan secara all out dan masif,” tuturnya.

3. Jokowi minta pemerintah daerah aktif berikan sosialisasi terkait penggunaan masker

Jokowi Temukan 70 Persen Warga Satu Provinsi di Jawa Tak Pakai MaskerSatpol PP Sleman saat melakukan operasi masker di kawasan Kaliurang. Dok: Satpol PP Sleman

Manta Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta kepada gubernur, bupati/wali kota untuk terus melakukan sosialisasi terkait penggunaan masker ke masyarakat.

“Jadi tolong permintaan untuk masker disampaikan kepada ketua komite, ketua satgas sehingga benar-benar urusan yang berikaitan dengan masker ini bisa kita selesaikan. Karena ini bisa menyelesaikan banyak hal yang berkiatan dengan covid,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Pantau Penyuntikan Vaksin, Jokowi: Dalam Enam Bulan Bisa Selesai

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya