Loyalis Pastikan Bamsoet Maju Bursa Caketum Golkar

Akan bersaing ketat dengan Airlangga Hartarto

Jakarta, IDN Times - Bursa calon ketua umum (Ketum) Partai Golongan Karya (Golkar) masih menjadi tanda tanya. Sejumlah nama diprediksi siap bertarung melawan Airlangga Hartarto yang kembali mencalonkan diri menjadi Ketum.

1. Loyalis Bamsoet siap melawan kubu Airlangga Hartarto

Loyalis Pastikan Bamsoet Maju Bursa Caketum GolkarMenteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Loyalis Bambang Soesatyo (Bamsoet), Darul Siska, mengatakan Ketua MPR tersebut dipastikan akan maju dalam pemilihan Ketum Golkar.

“Pak Bamsoet dipastikan maju sebagai calon Ketua Umum dalam Munas (Musyawarah Nasional) Partai Golkar yang akan datang. Saya sudah beberapa kali mengonfirmasi hal tersebut kepada beliau,” kata Darul saat dihubungi IDN Times, Minggu (10/11).

2. Bamsoet dapat dorongan yang kuat dari akar rumput

Loyalis Pastikan Bamsoet Maju Bursa Caketum GolkarIDN Times/Margith Juita Damanik

Ia menjelaskan, dorongan yang kuat dari akar rumput partai membuat pihaknya percaya diri untuk bisa memenangkan Bamsoet di Munas yang mengagendakan pemilihan Ketum baru periode 2019-2024.

“Beliau mendapat dorongan yang kuat dari pemegang hak suara Munas Golkar, yaitu Ketua DPD Partai Golkar Provinsi, Kabupaten dan kota,” ujarnya.

3. Darul tepis tudingan jabatan Ketua MPR Bamsoet diberikan oleh Airlangga

Loyalis Pastikan Bamsoet Maju Bursa Caketum GolkarIstimewa

Darul juga menepis tudingan yang mengatakan bahwa jabatan Ketua MPR yang saat ini diduduki oleh Bamsoet adalah pemberian dari Airlangga agar tidak maju dalam bursa pemilihan Caketum.

“Sebelum pencalonan sebagai Ketua MPR memang beliau pernah menyatakan mendukung Ketua Umum dan cooling down untuk ikut menciptakan suasana damai menghadapi agenda politik nasional yaitu pelantikan DPR, DPD, Presiden dan wakil Presiden,” jelasnya.

“Jika sekarang beliau menyatakan maju jangan diartikan bahwa beliau tidak konsisten atau tidak punya integritas,” katanya menambahkan.

4. Airlangga sebaiknya fokus sebagai Menko Perekonomian

Loyalis Pastikan Bamsoet Maju Bursa Caketum GolkarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih jauh ia menegaskan, Airlangga sebaiknya fokus dijabatan pemerintahan saat ini sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian saja, mengingat jabatan tersebut sangat strategis.

“Beberapa pimpinan partai di daerah yang menemui tim Bamsoet menyatakan ingin agar Ketum Golkar Airlangga fokus dengan tugas menteri dan sukses mengemban amanat sebagai Menko Perekonomian membantu Presiden karena sukses atau gagal beliau berimbas pada citra Partai di mata masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga: Bamsoet Ingkar Janji, Azis Syamsuddin: Biar Allah Melaknatnya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya