Comscore Tracker

Mahfud MD: Habibie Pelopor Pemilu dan Tidak Haus Jabatan 

Habibie seharusnya bisa jadi presiden sampai 2003

Jakarta, IDN Times - Pakar Hukum Tata Negara yang juga mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, menyebut sosok Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai tokoh tauladan untuknya.

Ia menceritakan kenangannya bersama almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Mahfud mengatakan, Habibie bukan penguasa yang haus jabatan dan kekuasaan.

“Pak Habibie adalah orang luar biasa, bukan hanya mau berjuang untuk kepentingan-kepentingan yang menguntungkan dirinya, tapi juga mengorbankan seluruh yang ia miliki untuk kepentingan negara ini,” kata Mahfud di rumah duka, Jalan Patra XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Menurut Mahfud, Habibie adalah pelopor lahirnya pemilihan umum (pemilu) di Indonesia. Dari tangannya lah, saat ini masyarakat Indonesia bisa memilih pemimpin sesuai yang dikehendaki rakyat.

“Kita tahu pada 1998 itu kalau Beliau mau bertahan, secara konstitusi Beliau bisa jadi presiden sampai 2003. Tapi Beliau langsung mengumumkan ‘saya akan mengadakan pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya sendiri melalui pemilu yang baik’. Dan terjadilah pemilu yang baik setelah puluhan tahun negara ini tidak pernah mengadakan pemilu dengan baik,” tutur Mahfud.

BJ Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. 

Jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada pukul 13.30 WIB. Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin langsung upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut.

https://www.youtube.com/embed/acIkpNad6cg

Baca Juga: Sempat Berjanji Akan Bertemu Lagi, Ahok Kini Ditinggal Habibie

Topic:

  • Sunariyah

Just For You