Ma'ruf Amin: Malaikat Ingin Lihat Manusia Menangis Saat Lailatul Qadar

Yuk perbanyak ibadah pada 10 hari terakhir Ramadan

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menceritakan salah satu keutamaan malam Lailatul Qadar. Ia menyebutkan, malam itu adalah turunnya para malaikat untuk mendoakan hamba Allah Subhanahu Wataala yang melakukan amal kebaikan di bumi.

Untuk itu, Ma’ruf mengingatkan kepada umat Islam untuk memperbanyak amal kebaikan, agar meraih keutamaan malam Lailatul Qadar yang jatuh pada 10 hari terakhir Ramadan.

1. Malaikat turun ke bumi saat malam Lailatul Qadar

Ma'ruf Amin: Malaikat Ingin Lihat Manusia Menangis Saat Lailatul QadarIlustrasi salat di rumah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf ketika memberikan tausiah Ramadan, tentang keutamaan malam Lailatul Qadar di salah satu stasiun televisi swasta.

“Malam itu istimewanya apa? Malaikat turun ke bumi, tanazzalul malaaikatu warruuhu fiihaa biidzni rabbihim min kulli amr. Malaikat turun ke bumi, ingin melihat sesuatu yang tidak ada di langit,” kata Ma’ruf melalui keterangan tertulis, Selasa (12/5) malam.

Baca Juga: Apa Itu Malam Lailatul Qadar? Cari Tahu Yuk di Sini!

2. Malaikat ingin melihat manusia yang menangis menyesali perbuatan dosanya

Ma'ruf Amin: Malaikat Ingin Lihat Manusia Menangis Saat Lailatul QadarWakil Presiden Ma’ruf Amin (Dok. Setwapres)

Ma’ruf menjelaskan, salah satu yang ingin dilihat malaikat pada malam itu ialah tangisan orang-orang yang bertaubat menyesali segala perbuatan dosanya, baik dosa besar maupun dosa kecil.

“Salah satu yang ingin dilihat itu adalah, tangisan orang-orang yang merasa berdosa, aniinul mudznibiin. Sebab, Allah Subhanahu Wataala lebih mencintai tangisan orang yang berdosa, dari pada orang yang berteriak melantunkan tasbih (tetapi sombong), La aniinul mudznibiin ahabbu ilayya min zajlil musabbihin,” ujar dia.

“Rintihan tangis orang-orang yang berdosa inilah yang tidak ditemukan para malaikat di langit, sehingga mereka berduyun-duyun turun ke bumi untuk mendengarkan suara yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu Wataala tersebut,” kata Ma'ruf, melanjutkan.

3. Malaikat juga ingin para dermawan saling berbagi kepada yang membutuhkan

Ma'ruf Amin: Malaikat Ingin Lihat Manusia Menangis Saat Lailatul QadarKemensos menyalurkan bansos untuk warga terdampak COVID-19 (Dok. Kemensos)

Selain itu, Ma'ruf melanjutkan, hal lain yang ingin dilihat malaikat di bumi adalah para dermawan yang membagikan sebagian hartanya kepada orang miskin yang membutuhkan.

Apalagi, kata Wapres, dalam keadaan sulit seperti yang terjadi sekarang ini karena adanya wabah virus corona atau COVID-19, sangat berdampak pada masyarakat miskin.

“Malaikat turun bergelombang-gelombang menyalami orang-orang yang beribadah pada malam itu, mendoakan, menyampaikan keselamatan, dan keberkahan sampai pagi,” tutur Ma'ruf.

4. Memberikan kebaikan pada malam Lailatul Qadar sama dengan beribadah seribu bulan

Ma'ruf Amin: Malaikat Ingin Lihat Manusia Menangis Saat Lailatul QadarIlustrasi salat di rumah di masa pandemik COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ma'ruf juga menjelaskan beberapa keutamaan lain malam Lailatul Qadar, seperti Allah Subhanahu Wataala memberikan pahala kebaikan pada malam itu, sama dengan pahala beribadah selama seribu bulan, memberikan pengampunan, dan keberkahan yang besar, serta mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan.

“Oleh karena itu, marilah kita menjadikan Lailatul Qadar ini malam yang kita hidupkan sesuai dengan anjuran Rasulullah untuk berzikir, membaca Al-Quran dan juga memohon kepada Allah, agar bangsa ini diselamatkan dari COVID-19,” kata Wapres.

https://www.youtube.com/embed/5tGhKpoJ8Og

Baca Juga: Asal Usul Nuzulul Quran, Awal Turunnya Kitab Suci Umat Islam ke Bumi

Topik:

  • Rochmanudin
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya